Jeruk Karo yang Sedap Dirasa Sedap Dipandang

Pertanianku — Beragam varietas unggulan jeruk nusantara bisa ditemui di penjuru Indonesia. Salah satunya adalah jeruk keprok brastepu yang berasal dari Karo, Sumatera Utara. Jeruk yang satu ini terkenal karena rasanya yang manis dan warna buahnya yang mengundang mata.

jeruk keprok brastepu
Foto: instagram titin_marryalin_ginting

Jeruk keprok adalah salah satu varian jeruk yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Pohon jeruk keprok bisa tumbuh di daerah subtropis dan tropis, termasuk Indonesia. Dibanding jeruk konsumsi lainnya, ukuran jeruk keprok bisa dibilang lebih kecil. Namun, jeruk yang satu ini menjadi nenek moyang bagi banyak spesies dan varietas jeruk yang tersebar di berbagai belahan bumi.

Jeruk keprok biasanya memiliki warna dari hijau kekuningan hingga oranye terang. Jeruk keprok brastepu ini memiliki warna oranye cerah di bagian kulitnya. Jika dibuka, akan tampak daging buah berwarna oranye yang tampak segar.

Loading...

Bentuk buah jeruk ini bulat dan sedikit pipih. Dari segi ukuran, jeruk karo berukuran hampir sama seperti buah jeruk kebanyakan, yakni 125—274 gram per buahnya.

Selain dari segi visual, jeruk keprok dari Karo ini juga memiliki rasa manis segar. Tingkat kemanisan jeruk keprok brastepu terlihat dari kadar gulanya yang mencapai 9,0—11,0 derajat brix.

Di Indonesia, terdapat beberapa daerah yang terkenal akan produksi jeruk keproknya. Beberapa daerah tersebut adalah Batu, Jember, Banyuwangi, Garut, Timor Tengah Selatan, serta Bali.

Budidaya jeruk keprok brastepu banyak dilakukan di Desa Kubu Colia, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Produktivitas jeruk ini bisa mencapai 50—70 kilogram per pohon dalam satu tahun saat mencapai masa panen. Jeruk ini cocok ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 800—1.400 mdpl.

Varietas jeruk unggul ini pun telah terdaftar pada Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 443/Kpts/SR.120/4/2008. Tak heran bila semakin banyak penelitian yang diadakan guna menunjang inovasi bagi jeruk yang satu ini.

Baca Juga:  Pahami Cara Ini untuk Menanam Anggur di Pekarangan

Jika Anda berkunjung atau berwisata ke daerah Karo, tidak ada salahnya mencoba buah yang satu ini. Buah manis dan bentuk yang indah cocok dijadikan buah tangan ketika kembali pulang.

Loading...
Loading...