Jeruk Nipis Bisa Hasilkan Listrik


Pertanianku – Buah yang satu ini memiliki rasa asam, tapi sangat menyegarkan jika dijadikan sebagai minuman. Seperti yang diketahui, jeruk nipis sering dijadikan sebagai minuman sehat dan juga kaya manfaat.

Foto: pixabay

Namun, apakah Anda pernah menyangka jika jeruk nipis ternyata dapat dijadikan sebagai penghasil arus listrik? Anda tidak pernah terpikirkan bukan? Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Yuk, simak penjelasan berikut.

Jeruk nipis mengandung asam yang merupakan bahan aktif bermuatan ion positif. Bahkan, Anda sendiri dapat melakukan percobaan tersebut. Caranya gunakan jeruk nipis sebanyak 6 buah, batang seng, batang tembaga, kawat secukupnya dan lampu LED kecil 1,8 volt, voltmeter, dan gunting.

Cara melakukan percobaan:

  1. Masing-masing buah ditusuk dengan menggunakan batang seng dan batang tembaga. Jangan dimasukkan terlalu dalam agar kedua batang tidak bersentuhan di dalamnya.
  2. Hubungkan tiap batang tembaga dan seng dari jeruk yang lainnya dengan kawat.
  3. Ambil batang tembaga dari jeruk nipis pertama dan batang seng dari jeruk nipis keenam lalu hubungkan keduanya pada lampu LED kecil. Ketika batang seng dan batang tembaga melekat pada lampu LED kecil, lampu akan menyala.

Pasti Anda bingung bukan bagaimana hal ini bisa terjadi?

Prinsip kerjanya adalah dengan mengaplikasikan teori elemen volta. Zat asam (H+) yang terdapat pada jeruk nipis berfungsi sebagai cairan elektrolit yang akan bereaksi dengan batang tembaga dan batang seng dan dapat menghasilkan listrik.

Tembaga merupakan muatan positif, sedangkan seng bermuatan negatif sehingga akan menghasilkan gaya tarik-menarik yang membuat listrik dapat mengalir dan membuat lampu menyala.

Bagaimana, tertarik melakukan percobaan tersebut dan menjadikan jeruk nipis sebagai penghasil arus listrik?

Baca Juga:  Inovasi Pie Labu Bening Viral di Dunia Maya
loading...
loading...