Joko Widodo: Indonesia Berpotensi Jadi Lumbung Pangan Dunia


Pertanianku – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berupaya dan memastikan agar Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Hal tersebut diyakini oleh Presiden karena Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas dengan tanah yang subur. Untuk itulah, kegiatan bercocok tanam seharusnya dapat dimaksimalkan sebaik mungkin demi meningkatkan produktivitas pangan nasional.

joko-widodo-indonesia-berpotensi-jadi-lumbung-pangan-dunia

Jokowi menyebutkan, pemerintah memiliki 9 juta hektare (ha) lahan yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam.

“Kita memiliki kesempatan sekali lagi untuk menjadi lumbung pangannya dunia,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, belum lama ini seperti dilansir dari Okezone (01/12).

Mantan Wali Kota Solo ini menyebutkan, Merauke memiliki 4,2 juta ha lahan yang bisa ditanami jagung, tebu, dan juga padi.

“Kalau ditanam padi saja katakanlah 1 ha bisa 5 ton 6 ton dikalikan saja 6 kali 4 sudah 24 juta setahun sekali panen karena air melimpah di sana bisa tiga kali panen hitung saja,” lanjut Presiden.

Setidaknya, sambung Jokowi, dari Merauke saja bisa menghasilkan produksi pangan sampai 72 juta ton atau sama dengan produksi nasional. Hanya saja, pemerintah harus fokus dan saling bekerja sama dalam merealisasikan hal tersebut. Apalagi, masalah di lapangan masih banyak dikeluhkan para petani.

“Inilah tantangan-tantangan yang kita hadapi yang harus kita selesaikan di lapangan,” papar Jokowi.

Baca Juga:  Kementan Bangun Kawasan Pertanian Modern Serpong
loading...
loading...