Jokowi Segera Resmikan Panda di Taman Safari


Pertanianku – Keinginan Taman Safari Indonesia bisa menghadirkan dan mendatangkan langsung panda ke Taman Safari Indonesia telah direncanakan sejak beberapa tahun belakangan ini. Dan, kini tampaknya keinginan tersebut sebentar lagi akan terealisasi.

Foto: pixabay

Presiden Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping dijadwalkan untuk meresmikan soft launching pengenalan pasangan panda raksasa Cai Tao dan Hun Chun di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Jawa Barat.

“Iya Pak Jokowi dan Presiden Cina yang akan meresmikan,” jelas Group Head Marketing Taman Safari Indonesia, Triyoba Nataria, di Wolong, Cina, belum lama ini seperti melansir dari Kompas (24/9).

Panda yang akan didatangkan berjumlah dua ekor, menurut Triyoba, merupakan pinjaman on breeding dari Cina untuk jangka waktu 10 tahun.

“Diharapkan pada tahun kedua pasangan panda ini bisa beranak,” ujarnya.

Triyoba mengungkapkan bahwa proses untuk mendapatkan panda tersebut sudah dimulai sekitar lima tahun lalu. Pihak Cina pun sudah mengecek kelayakan Taman Safari.

“Tim Cina lihat ke TSI (Taman Safari Indonesia) untuk survei, hingga akhirnya TSI dianggap layak, sekitar 2—3 tahun lalu,” tambahnya.

Lebih lanjut Triyoba mengungkapkan, hanya lembaga-lembaga konservasi yang mempunyai grade A yang bisa memperoleh izin meminjam hewan endemik Cina ini.

Meskipun sempat tertunda, pada awal Juli 2017 TSI mendapatkan kabar bahwa pasangan panda siap dikirim ke Indonesia. Cai Tao dan Hun Chun pun terpilih sebagai duta.

“Ini merupakan simbol hubungan bilateral dan perdamaian kedua negara,” ungkap Triyoba.

Rencananya, pasangan panda yang berumur tujuh tahun ini akan terbang ke Indonesia pada Kamis (28/9). Setelah tiba di Indonesia, Cai Tao dan Hun Chun akan dikarantina selama beberapa minggu.

“Mungkin akhir Oktober atau awal November baru bisa dilihat umum,” sebutnya.

Baca Juga:  Kebun Binatang Bandung Melepasliarkan 40 Burung Jalak Kebo
loading...
loading...