Jumlah Populasi Sapi Ternak

Pertanianku – Pada dasarnya, semakin tinggi populasi jenis ternak, akan semakin mudah mendapatkan jenis ternak tersebut. Populasi sapi potong di Indonesia pada tahun 2011 sebanyak 14,82 juta ekor. Namun, jumlah populasi setiap jenis sapi potong itu sulit diketahui karena belum ada data yang akurat. Sebagai perkiraan, dapat digunakan data tahun 1988 yang menunjukkan komposisi jenis sapi potong di Indonesia, yaitu sapi ongole 2,6%; sapi peranakan ongole (PO) 8,2%; sapi bali 26,9%; sapi madura 11,6%; dan sapi jenis lainnya atau sapi campuran 50,7%. Berdasarkan komposisi tersebut dan data populasi sapi potong pada tahun 2011, diperkirakan jumlah setiap jenis sapi potong di Indonesia pada tahun 2011 disajikan dalam Tabel 3.

Jumlah Populasi Sapi Ternak

Dari Tabel 3 terlihat bahwa sapi campuran merupakan populasi yang terbanyak, lalu disusul oleh sapi bali. Dengan demikian, berdasarkan indikator jumlah populasi, sapi campuran dan sapi bali lebih prospektif bila digunakan sebagai bakalan dalam usaha penggemukan.

Loading...

Sapi campuran adalah jenis sapi yang merupakan hasil persilangan atau perkawinan yang disengaja ataupun tidak disengaja antara sapisapi lokal dengan sapi-sapi impor. Sapi campuran kemungkinan juga merupakan hasil persilangan antara sapi-sapi lokal sendiri. Sebagaimana diketahui, akhir tahun 1970—1980-an banyak jenis sapi luar negeri yang masuk ke Indonesia. Sapi impor ini banyak dikawinkan dengan sapi lokal dan menghasilkan sapi campuran.

Jumlah Populasi Sapi Ternak

Oleh karena jenis sapi ini banyak jenisnya dan performance ataupun penyebarannya belum banyak diteliti, penilaianterhadap jenis sapi campuran menjadi hal yang sulit. Oleh karena itu, jenis sapi campuran yang populasinya cukup banyak tidak bisa diikutkan dalam pemilihan jenis sapi yang lebih prospektif untuk digemukkan.

Populasi jenis sapi campuran bukan terdiri atas satu jenis sapi saja, tetapi beberapa jenis sapi. Sapi aceh juga tidak diikutkan dalam penilaian karena populasinya masih sangat terbatas. Dengan demikian, dilihat dari indikator jumlah populasi, sapi bali lebih prospektif untuk digunakan sebagai bakalan dalam usaha penggemukan.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Sumber: Buku Bisnis Penggemukan Sapi

Loading...
Loading...