Jurus Beternak Ayam Elba agar Berproduksi Sesuai Harapan

Pertanianku— Ayam elba terkenal sebagai petelur yang andal. Ayam ini mampu memproduksi telur sebanyak 300 butir telur/ekor/tahun. Namun, produksi yang tinggi tentunya juga didapatkan dari cara beternak yang benar. Persiapan pemeliharaan beternak ayam elba harus dilakukan dengan matang agar mendapatkan hasil sesuai harapan.

beternak ayam elba
foto: pertanianku

Berikut ini jurus beternak ayam elba seperti dikutip dari buku Ayam Elba Kampung Petelur Super. Jurus tersebut berguna untuk mendukung usaha beternak ayam elba berjalan lancar.

Perhatikan sapta usaha peternakan

Jangan lagi gunakan teknik pemeliharaan secara ekstensif atau tradisional. Cara ini sudah terbukti menghasilkan ayam dengan produktivitas yang rendah.

Peternak harus memiliki kerangka konsepsional sebagai pedoman dasar pengelolaan ternak. Unsur yang harus diperhatikan pada konsep beternak adalah pemilihan bibit yang unggul, pencegahan dan pemberantasan hama/penyakit, penyediaan kandang, pemberian pakan yang cukup dan berkualitas, pengelolaan produksi, penanganan pascapanen, serta pemasaran/manajemen usaha.

Pengelolaan ayam elba secara efektif dapat ditempuh dengan tiga tahap produksi, yakni menghasilkan telur tetas, DOC, dan pembesaran ayam siap produksi.

Lokasi usaha yang sesuai

Lokasi usaha peternakan ayam perlu dipilih dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan di sekitarnya dan iklim lingkungan tumbuh ayam. Beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan saat memilih lokasi kandang yang baik antara lain saluran listrik, sumber air tercukupi, akses jalan memadai, sirkulasi udara baik, serta lokasi aman dan agak jauh dari pemukiman padat penduduk.

Usaha peternakan ayam elba dalam skala besar (lebih dari 1.000 ekor) biasanya dapat menimbulkan dampak negatif berupa bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, lokasi peternakan harus berada agak jauh dari permukiman penduduk.

Harus dipelihara intensif

Beternak ayam elba tidak bisa dilakukan secara semiintensif, apalagi secara ekstensif. Jika beternak ayam elba dijadikan sebagai mata pencaharian utama, metode yang perlu Anda gunakan adalah intensif.

Baca Juga:  Cara Membuat Pakan Silase Lengkap ala Penyuluh BPTP Lampung

Metode intensif dilakukan dengan menempatkan seluruh ayam di dalam kandang. Mulai dari anakan, remaja hingga dewasa. Ayam akan hidup di dalam kandang sejak telur menetas hingga ayam memasuki umur produktif. Penerapan metode intensif dapat membantu ayam mengeluarkan kemampuan genetik secara maksimal.

Masih banyak jurus beternak ayam elba yang perlu Anda ketahui. Buku Ayam Elba Kampung Petelur Super membahas beragam informasi yang Anda butuhkan untuk beternak ayam elba. Buku tersebut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau melalui Tokopedia Penebar Swadaya.