Jurus Jitu agar Panen Telur Itik Setiap Hari

Pertanianku — Salah satu kunci agar usaha telur itik bisa terus maju adalah kontinuitas panen yang bagus. Kontinuitas panen bisa dijaga dengan cara mengatur jadwal panen telur itik di setiap kandang itik.

panen telur itik
foto: pertanianku

Tentunya, semua peternak menginginkan telur yang sudah dipanen bisa langsung dibeli oleh konsumen. Namun, sayangnya konsumen yang berpotensial cenderung menuntut produsen telur itik memiliki stok persediaan setiap harinya. Jika tidak, mereka tidak akan mau menjalin hubungan kerja sama dengan produsen karena tidak mampu memenuhi kebutuhan telur secara harian.

Untuk itu, Anda harus melakukan pengaturan panen agar bisa melakukan panen telur itik setiap harinya. Pengaturan jadwal dilakukan berdasarkan interval panen telur yang diinginkan.

Loading...

Misalnya, kondisi petani memiliki luas kandang 200 m2 yang disebar menjadi 4 kandang dan jumlah itik dara yang siap bertelur di setiap kandang sebanyak 250 ekor.

Itik betina di setiap kandang memiliki persentase produksi sebesar 70 persen. Jika ada 250 ekor itik dara di setiap kandang, telur yang bisa dihasilkan sebanyak 175 butir. Itik dara sudah siap bertelur ketika sudah berumur 5 bulan. Oleh karena, itik dara sudah harus masuk kandang saat berumur 4 bulan. Itik akan dipelihara selama satu bulan terlebih dahulu sebelum akhirnya itik tersebut bertelur.

Misalkan, itik dara dimasukkan ke kandang pertama pada 1Januari, lalu tanggal 2 masuk lagi itik dara lainnya ke kandang kedua. Tanggal 3 dilanjutkan lagi untuk itik dara lainnya yang masuk ke kandang ketiga. Tanggal 4 masuk lagi itik dara lainnya ke kandang keempat.

Itik di kandang pertama sudah bisa dipanen pada 1 Februari, itik di kandang kedua bisa dipanen pada 2 Februari, itik di kandang ketiga bisa dipanen pada 3 Februari, dan itik di kandang keempat bisa dipanen pada 4 Februari, begitu seterusnya.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Dengan pengaturan jadwal panen seperti itu, Anda bisa panen telur itik secara terus-menerus setiap harinya. Saat sedang panen di kandang kedua, Anda juga bisa melakukan panen sebagian di kandang pertama karena itik akan bertelur setiap hari. Siklus panen tersebut dapat terus berlangsung hingga itik sudah berumur 2,5 tahun.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...