Jurus Jitu Melipatgandakan Produksi Ikan Nila

Pertanianku — Menggunakan jenis terbaru dan unggul bukan menjadi satu-satunya kunci kesuksesan melipatgandakan produksi ikan nila secara maksimal. Anda harus melengkapi dengan cara budidaya ikan nila yang baik. Pasalnya, tidak banyak pembudidaya mengalami kegagalan karena tidak menjalankan teknik budidaya yang benar dan tepat.

ikan nila
foto: pertanianku

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda memerlukan jurus yang tepat untuk menaikkan produksi menjadi lebih maksimal. Dengan prosedur yang tepat, Anda bisa mendapatkan panen hingga 60 kg/m3. Berikut ini beberapa jurus yang bisa Anda gunakan.

Kolam pemeliharaan

Loading...

Kolam pemeliharaan berpengaruh terhadap produktivitas ikan nila. Sebaiknya, gunakan kolam dengan kedalaman air sekitar 100—130 cm agar padat tebar yang bisa digunakan maksimal. Selain itu, persiapkan kolam dengan benar agar kondisi kolam sama seperti habitat asli ikan nila. Hal tersebut dapat membuat ikan menjadi lebih nyaman dan aman sehingga produktivitas ikan pun menjadi lebih bagus.

Benih unggulan

Benih unggulan sudah menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki jika Anda ingin meningkatkan produktivitas budidaya ikan nila. Benih unggulan memiliki daya tahan yang lebih baik sehingga ikan tidak mudah sakit. Selain itu, produktivitasnya juga sudah lebih tinggi daripada benih biasa.

Untuk budidaya pembesaran ikan nila, sebaiknya gunakan ikan jantan karena pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan ikan betina. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan ikan betina yang biasanya digunakan untuk pembenihan.

Pakan

Pakan menjadi kunci sukses sama seperti benih unggulan yang selalu harus dipenuhi. Pakan berkualitas akan memberikan kebutuhan nutrisi yang lebih lengkap. Nutrisi tersebut mampu mendorong pertumbuhan ikan menjadi lebih pesat dari biasanya.

Perhatikan kondisi ikan dan pakan

Tidak cukup memiliki pakan berkualitas tanpa memerhatikan kondisi pakan. Kualitas pakan dapat berubah dengan seiring berjalannya waktu. Anda harus rajin memerhatikan kondisi pakan dan ikan yang dipelihara. Memerhatikan kondisi ikan berguna untuk mendeteksi sedini mungkin jika ada kesalahan dalam budidaya atau penyakit.

Baca Juga:  Faktor Lingkungan yang Memengaruhi Pertumbuhan Alga

Lakukan pemupukan

Pemupukan biasanya dilakukan pada awal sebelum kolam digunakan. Pemupukan berfungsi untuk mengadakan pakan alami serta membuat kondisi kolam sesuai dengan ikan nila. Namun, pemupukan susulan juga perlu dilakukan selama masa pemeliharaan.

Loading...
Loading...