Jurus Jitu Membuat Tabulampot Lengkeng Rajin Berbuah

Pertanianku— Beberapa jenis lengkeng cocok dijadikan tabulampot (tanaman buah di dalam pot) karena memiliki tajuk dan penampilan yang indah. Jenis-jenis tersebut adalah matalada, ruby longan atau lengkeng merah, hawae, dan new kristal. Tabulampot lengkeng terbilang tidak sulit dirawat.

tabulampot lengkeng
foto: Toko Trubus

Teknik perawatan yang digunakan akan memengaruhi produktivitas tanaman lengkeng. Itu sebabnya Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan. Berikut ini teknik perawatan yang perlu Anda lakukan untuk membuat tanaman lengkeng rajin berbuah.

Penyiraman

Penyiraman tanaman lengkeng perlu dilakukan secara rutin, yakni dua kali saat cuaca sedang cerah. Berbeda dengan tanaman lengkeng yang ditanam langsung di lahan, biasanya tanaman yang sudah dewasa tidak perlu disiram setiap hari karena akar tanaman bisa dengan bebas mencari sumber air. Penyiraman dilakukan hingga air siraman keluar dari lubang yang berada di dasar pot.

Penyiraman tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan akar terendam menjadi busuk, bahkan mati.

Pemupukan

Pemupukan perlu dilakukan secara berkala. Pada masa vegetatif, berikan pupuk NPK 16:16:16 sebanyak 10 gram per pohon dan berikan pupuk kandang setiap tiga bulan sekali. Memasuki umur satu tahun, tanaman diberikan pupuk NPK 12:6:24 dengan dosis 10 gram/tanaman.

Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan menjaga tajuk tanaman agar tetap bagus serta merangsang pembungaan. Pemangkasan hanya perlu dilakukan pada bagian tanaman yang sakit, mati, dan kering. Selain itu, pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang bertumpuk agar seluruh bagian tanaman terkena pancaran sinar matahari.

Pengendalian hama dan penyakit

Tidak ada hama yang berarti bagi tanaman lengkeng. Itu sebabnya tanaman ini terbilang cukup mudah dirawat. Anda hanya perlu melindungi buah lengkeng yang sudah tumbuh dari serangan kelelawar yang terjadi pada malam hari. Serangan kelelawar dapat diatasi dengan menggunakan brongsong, plastik yang sudah diberi lubang, anyaman bambu, atau kain kasa.

Baca Juga:  Couscous, Makanan Asal Timur Tengah yang Kaya Nutrisi

Hama lain yang kemungkinan menyerang adalah ulat pemakan daun yang dapat diatasi dengan membuang ulat dari kebun.

Sementara itu, untuk penyakit, sama halnya dengan hama, tidak ada penyakit yang begitu serius. Namun, hobiis perlu waspada dengan penyakit antraknosa yang bisa datang kapan saja.

Untuk mencoba bertanam lengkeng di pot, Anda bisa langsung mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Toko Trubus menyediakan beragam bibit lengkeng varietas unggulan, seperti lengkeng matalada, lengkeng merah atau ruby longan, lengkeng hawae, dan lengkeng new kristal.

Toko Trubus juga menyediakan sarana produksi tanaman, seperti pot, alat siram, pupuk, pestisida, paranet, dan alat-alat pertanian lainnya. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi WhatsApp Admin Toko Trubus.