Jurus Jitu Membuat Tanaman Menjadi Subur

PertaniankuTanaman subur merupakan idaman bagi semua petani. Tingkat kesuburan tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya tingkat kesuburan tanah, iklim, hama dan penyakit, serta benih. Oleh karena itu, untuk membuat tanaman menjadi subur, Anda perlu memerhatikan faktor-faktor tersebut terlebih dahulu.

tanaman subur
foto: Pertanianku

Kesuburan tanah

Tingkat kesuburan tanah dapat dilihat dari kondisi fisik, kimia, ataupun biologi tanah. Berdasarkan faktor fisik, tanah yang subur merupakan tanah gembur. Menggemburkan tanah dapat dilakukan dengan cara pembalikan tanah dengan cara dicangkul ataupun dibajak.

Berdasarkan faktor kimia, tanah yang subur mengandung unsur hara lengkap. Kebutuhan unsur hara dapat digolongkan menjadi dua, yaitu unsur hara makro dan mikro. Umumnya unsur hara di dalam tanah terbatas. Anda perlu memberikan pupuk organik sebagai pupuk dasar saat pengolahan tanah untuk meningkatkan kandungan unsur hara. Selain itu, tanah yang subur juga memiliki derajat keasaman yang netral.

Sementara itu, berdasarkan faktor biologis, tanah yang subur mengandung banyak bahan organik dan jasad hidup. Bahan organik yang telah mati akan dihancurkan oleh mikroorganisme untuk diserap oleh akar tanaman. Bahan organik yang sudah mati, antara lain daun yang rontok, jerami, sekam, bangkai binatang, pupuk kandang, kotoran binatang, dan lainnya.

Effective microorganism

EM4 merupakan pupuk berbentuk cair dan terdiri atas berbagai mikroorganisme bermanfaat yang dapat berfungsi untuk menyuburkan tanah. EM4 dapat memfermentasikan bahan organik yang berada di dalam tanah menjadi gula, alkohol, asam amino, asam laktat, vitamin, dan unsur lainnya yang dapat menambah tingkat kesuburan tanah.

EM4 juga sering digunakan dalam proses pembuatan kompos bokashi yang berguna memperbaiki struktur dan tekstur tanah.

Pupuk organik cair

Baca Juga:  New Kristal, Lengkeng Idola yang Berbuah Banyak

Pupuk organik cair terbuat dari bahan-bahan alami yang cukup mudah ditemui. Cara pembuatan pupuk organik cair sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Iklim

Iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca pada suatu daerah yang berlangsung dalam jangka waktu kurang lebih 30 tahun. Sementara itu, cuaca merupakan keadaan udara yang berhubungan dengan sinar matahari, suhu, hujan, kelembapan udara, awan, dan kecepatan angin yang terjadi dalam kurun waktu terbatas atau mudah berubah-ubah.

Iklim berkaitan erat dengan sinar matahari, suhu, curah hujan, tingkat kelembapan, dan angin. Tiap jenis tanaman membutuhkan karakteristik iklim yang berbeda-beda dan Anda harus menyesuaikannya apabila ingin tanaman tersebut tumbuh subur.