Jurus Jitu Menjaga Kesehatan Domba agar Tetap Prima

Pertanianku — Domba yang sakit menjadi hambatan bagi peternak yang harus segera ditangani karena berpotensi menyebabkan kerugian. Kesehatan domba selama masa pemeliharaan sudah menjadi prioritas yang perlu Anda perhatikan. Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kesehatan domba. Berikut ini beberapa kiat yang berguna untuk menjaga kesehatan domba.

kesehatan domba
foto: pertanianku

Sanitasi

Sanitasi adalah upaya untuk menjaga kesehatan hewan melalui kebersihan. Sanitasi perlu dilakukan pada kandang, lingkungan, ternak domba yang menghuni kandang, dan peralatan.

Lantai di dalam kandang harus selalu dalam kondisi kering dan bersih, sirkulasi udara harus terjamin, dan ruangan selalu bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup.

Di sekitar kandang dibuat parit agar tidak menimbulkan genangan air atau kondisi lembap. Demikian pula pada lapangan penggembalaan yang tiap batas petaknya juga dibuat parit agar aliran air lancar. Dengan demikian, saat hujan turun, kondisi lapangan penggembalaan menjadi tidak becek.

Semua domba yang menghuni kandang juga harus bersih. Domba harus dimandikan dan dicukur bulunya secara rutin. Domba yang sedang sakit harus dipisahkan dari kandang utama ke kandang khusus.

Seluruh peralatan seperti tempat pakan dan air minum harus dibersihkan setiap hari agar tidak menjadi media yang menyebarkan penyakit.

Domba digembalakan

Menggembalakan domba berarti memberikan kesempatan kepada domba untuk berolahraga, melatih otot-ototnya, dan memperlancar peredaran darah. Dengan demikian, domba menjadi lebih sehat.

Pakan

Pemberian pakan berkualitas rendah yang tidak memenuhi kandungan gizi dapat mengakibatkan defisiensi pada domba. Sebaliknya, pemberian pakan berkualitas dengan gizi tinggi akan meningkatkan produktivitas dan mencegah timbulnya penyakit. Anda juga perlu mengenali cara pemberian pakan yang benar agar pakan yang diberikan dapat bekerja secara maksimal.

Baca Juga:  Prospek Cerah Ternak Jangkrik

Vaksinasi

Vaksinasi berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh domba. Pemberiannya bersifat tidak wajib, tetapi dapat menguntungkan peternak, apalagi jika peternakan berada di daerah yang terjadi wabah penyakit. Vaksin tersebut mampu mencegah penyebaran penyakit. Oleh karena itu, vaksin perlu diberikan pada seluruh domba yang dipelihara.

Selain vaksinasi, Anda juga perlu menyediakan obat-obat yang berkualitas sebagai upaya antisipasi pengobatan pada domba yang sedang sakit.