Jurus Jitu Merangsang Pembuahan Pohon Mangga Alpukat

Pertanianku — Mangga alpukat merupakan jenis mangga yang sedang diminati oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan sensasi cara memakannya yang unik. Banyak pencinta pohon buah yang mulai tertarik untuk menanam pohon mangga alpukat di pekarangannya agar bisa bebas menikmati buah yang super lezat ini.

pohon mangga alpukat
foto : https://porekraf.jatimprov.go.id/

Menanam pohon mangga alpukat pada dasarnya sama saja seperti menanam pohon mangga jenis lainnya. Anda memerlukan beberapa pengetahuan dasar yang berguna untuk membuat pohon mampu tubuh subur dan berbuah.

Pasalnya, sering dijumpai beberapa kasus pohon yang tidak bisa berbuah karena kesalahan dalam masa perawatannya, padahal bibit yang digunakan sudah cukup bagus. Akibatnya, pohon ditebang atau dibiarkan begitu saja tanpa dirawat hingga bertahun-tahun lamanya.

Loading...

Ada beberapa jurus jitu membuat pohon mangga alpukat rajin berbuah, simak ulasan berikut ini.

Pemangkasan pohon yang benar

Pohon mangga alpukat perlu dilakukan pemangkasan secara rutin untuk mempertahankan bentuk pohon serta merangsang pohon berbuah. Pemangkasan harus dilakukan dengan benar agar tidak memangkas cabang yang salah. Dalam buku Bertanam Mangga Alpukat yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya, menjelaskan cara pemangkasan pohon mangga yang benar agar pohon bisa produktif berbunga dan berbuah.

Penyiraman harus rutin

Pohon harus mendapatkan penyiraman secara rutin. Penyiraman bisa dilakukan sesuai dengan kondisi cuaca. Penyiraman pada musim kemarau dilakukan lebih banyak dibandingkan musim hujan.

Pemupukan

Pada awal pertumbuhan, berikan tanaman pupuk NPK untuk merangsang pertumbuhan batang dan daun. Setelah masuk ke masa vegetatif, berikan tanaman pupuk KCL untuk merangsang pembungaan. Anda juga bisa memberikan tambahan hormon atonik dengan konsentrasi 5 gram/liter dengan cara disemprot.

Penjarangan buah

Selain pemangkasan cabang, Anda juga perlu melakukan penjarangan buah selama masa pemeliharaan untuk mendapatkan buah yang besar dan berkualitas baik. Buah yang dijarangkan biasanya memiliki kondisi kurang baik atau bahkan sakit. Pertahankan buah yang terlihat sehat dan bagus. Dengan penjarangan buah, nutrisi akan mengalir pada buah yang sehat sehingga pertumbuhan buah menjadi lebih optimal.

Baca Juga:  Surat Perizinan Kebun Kelapa Sawit yang Harus Dimiliki

Seluruh proses penanaman dan pemeliharaan pohon mangga alpukat dijelaskan secara lengkap dalam buku Bertanam Mangga Alpukat. Segera hubungi admin penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan diskon pembelian buku Bertanam Mangga Alpukat.

Sementara itu, untuk mendapatkan bibit mangga alpukat berkualitas, Anda bisa mengunjungi TokoTrubus terdekat di kota Anda. Selain membelinya secara langsung ke Toko Trubus, Anda juga dapat membeli secara online melalui WhatsApp admin Toko Trubus dan toko online Toko Trubus. Selain bibit mangga alpukat unggul, Toko Trubus menyediakan beragam perlengkapan berkebun Anda. Mulai dari media semai, pot, hingga pupuk dan pestisida.

Loading...
Loading...