Jurus Jitu Pangkas Masa Panen “Si Naga Kuning”


PERTANIANKU.COM – Kepopuleran buah naga kuning “yellow dragonfruit” masih kalah dibandingkan dengan buah naga merah dan putih. Buah naga kuning memang masih belum banyak ditemukan di masyarakat karena stoknya yang masih terbatas.

Buah Naga Kuning Studio Surip 19012010 (30)

Secara budidaya, pertumbuhan buah naga kuning lebih lambat dibandingkan dengan buah naga merah dan jenis buah naga lain. Hal ini karena buah naga kuning memiliki perakaran yang lebih sedikit dan memiliki batang yang lebih kecil. Akan tetapi, hal ini dapat diatasi dengan melakukan teknik penyambungan. Posisi batang bagian bawah menggunakan jenis buah naga yang memiliki batang lebih besar dan memiliki akar yang banyak, sedangkan bagian atas menggunakan batang buah naga kuning.

Adapun teknik penyambungan buah naga kuning ala Asroful Uswatun, pembudidaya buah naga kuning dari Jember yang diutarakan kepada Trubus Online yang dikutip dari Jitunews.com, yaitu sebagai berikut.

  1. Ambil dua batang buah naga, yaitu dari buah naga kuning dan buah naga jenis lain yang memiliki batang lebih besar. Pastikan batang bawah yang digunakan untuk penyambungan sudah berakar banyak agar tanaman dapat langsung hidup dan memiliki potensi hasil yang sempurna.
  2. Sambungkan kedua batang dengan sistem potong huruf L untuk kedua batangnya. Atau bisa juga membentuk huruf V untuk batang atas dan batang bawahnya cukup dibelah.
  3. Ikat kedua batang menggunakan tali rafia atau plastik agar kedua batang dapat menempel sempurna.
  4. Penanaman dapat dilakukan dalam polibag berdiameter 15 cm setelah kedua batang dipastikan sudah
  5. Tempatkan tanaman di tempat yang teduh selama proses penempelan atau di tempat yang bagian atasnya dipasang naungan. Kegiatan ini dilakukan selama ± 2 minggu sampai dengan 1 bulan.
  6. Bersihkan semua duri yang ada pada batang bawah setelah tanaman berhasil sempurna. Kegiatan ini dilakukan agar pertumbuhan tunasnya terfokus pada pertumbuhan tunas bagian atas atau pada batang buah naga kuning.
Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik

Teknik penyambungan ini diyakini dapat membuat buah naga kuning menjadi lebih cepat berbuah. Jika biasanya buah naga dapat berbuah 1-1,5 bulan, dengan teknik penyambungan ini pada umur delapan bulan tanaman buah naga sudah bisa berproduksi atau berbuah.

loading...
loading...