Jurus Mencegah Penularan Penyakit di Kandang Ayam

Pertanianku — Beberapa penyakit yang menyerang ayam bersifat menular sehingga bisa menyebar ke ternak lain yang masih sehat. Saat penyakit ayam sudah menular, penanganan yang perlu Anda lakukan akan semakin sulit. Selain itu, Anda akan mengalami kerugian yang cukup besar. Pasalnya, tak jarang, ada beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan.

penyakit ayam
foto: Pertanianku

Cara yang paling efektif untuk mencegah penularan penyakit adalah memonitor kesehatan ayam setiap hari. Dengan pemantauan rutin, Anda bisa mengetahui infeksi penyakit sedini mungkin. Anda pun dapat memberikan penanganan secepatnya sebelum penyakit mewabah ke seluruh area kandang.

Setidaknya ada lima hal yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit, simak ulasan berikut.

Sanitasi

Sanitasi adalah menciptakan lingkungan agar selalu bersih. Usahakan agar kondisi lingkungan kandang selalu bersih. Kondisi litter juga harus dibuat kering. Jika litter basah karena terkena air hujan dan lembap, litter harus segera diganti. Sanitasi juga perlu dilakukan pada alat-alat yang digunakan untuk memelihara ayam di dalam kandang.

Air minum

Peternak harus menjaga kualitas air minum. Untuk itu, peternak bisa menambahkan probiotik pada air minum. Hal itu untuk menjaga kondisi badan ayam agar selalu prima sehingga ayam tidak mudah terjangkit penyakit.

Vitamin

Untuk mencegah stres, peternak bisa mencampurkan premix di dalam pakan. Premix yang biasa digunakan Topmix, Arsomix, Micromix 2000, Rhodimix 22, Rhodimix 273, Rhodimix CF3, dan Rhodimix 784.

Biosekuriti

Kebersihan kandang menjadi syarat mutlak agar ayam sehat serta selalu tampil dan berproduksi prima. Sebagai sarana pencegahan, hal yang paling ampuh adalah menerapkan biosekuriti. Hal itu dapat diterapkan dengan cara menyemprotkan disinfektan pada kandang dan lingkungan sekitarnya secara berkala. Disinfektan yang dapat digunakan antara lain Istam, Istam 20, Primadine, Pristam, dan Prophyl.

Baca Juga:  Kiat Mendapatkan Sapi Perah yang Unggul

Pengebalan ternak

Ayam yang dipelihara harus selalu sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui vaksinasi secara teratur. Tentu saja hal itu akan membuat ternak kebal terhadap penyakit yang berbahaya dan mematikan.