Jurus Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Kampung

Pertanianku— Saat ini beternak ayam kampung sudah menjadi bidang usaha yang menjanjikan, mengingat permintaannya tak pernah padam. Ayam kampung terkenal memiliki daging yang lebih lezat dibanding ayam ras. Dahulu, ayam kampung dipelihara secara ekstensif atau dibiarkan mencari makanan sendiri di alam bebas. Namun, cara ini terbukti tidak efektif karena pertumbuhan ayam lebih lambat dan sulit terkontrol.

 ayam kampung
foto: Pertanianku

Pakan memang menjadi salah satu kunci penting dari usaha budidaya peternakan. Ayam yang dilepasliarkan untuk mencari makan sendiri biasanya harga jualnya tidak begitu tinggi. Oleh karena itu, saat ini banyak peternak yang mulai menerapkan sistem ternak intensif. Pada sistem ini seluruh kebutuhan pakan ayam dipenuhi oleh peternak.

Penyediaan pakan tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat memengaruhi nafsu makan ayam. Nafsu makan menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi efektivitas pakan yang diberikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi nafsu makan ayam kampung.

Pakan berkualitas

Pakan berkualitas menjadi salah satu faktor penting dalam usaha memelihara ayam. Namun, Anda juga harus bisa menyesuaikan jenis pakan apa yang harus diberikan. Hal ini bisa dilihat dari kebutuhan ayam tersebut. Misalnya, ayam yang akan diambil dagingnya bisa diberikan konsentrat pedaging. Untuk ayam yang akan diambil telurnya, bisa diberikan konsentrat petelur.

Anda juga bisa menambahkan pakan lain seperti jagung kuning. Ini karena jagung kuning mengandung vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada jenis jagung lainnya. Untuk menambahkan kadar protein, bisa diberikan tepung ikan dan juga dedak bekatul yang halus dan masih baru.

Komposisi pemberian pakan seimbang dan konsisten

Komposisi pakan sebaiknya jangan diubah-ubah. Misalnya, Anda memberikan pakan dengan komposisi konsentrat, jagung, dan dedak bekatul sebesar 20:40:40. Komposisi itu jangan terlalu sering diubah karena ayam harus menyesuaikan kembali dengan rasa jika berubah. Komposisi tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Misalnya untuk daerah dingin, sebaiknya kandungan kabohidrat dan proteinnya lebih banyak.

Baca Juga:  Perawatan Litter Kandang Ayam, Bagian Penting yang Tidak Boleh Terlewat

Menambahkan dedaunan sebagai pakan tambahan

Anda bisa menambahkan sayuran ke dalam pakan, seperti daun pepaya, singkong, bayam, lengko, pegagan, dan lain-lain. Penambahan daun dapat menghemat beban pakan dan menambah kadar nutrisi di dalam pakan. Dedaunan tersebut perlu diiris tipis-tipis, lalu direbus. Setelah itu, dedaunan bisa dicampur ke dalam pakan ayam.

Berikan obat cacing

Pemberian obat cacing ini bisa menjadi salah satu hal penting. Ayam yang nafsu makannya kurang bisa jadi terkena cacingan.