Jurus Menjinakkan Kucing yang Mudah Dicoba

Pertanianku — Tidak semua kucing dapat jinak pada manusia. Terlebih lagi, jika kucing tersebut merupakan kucing liar yang jarang disentuh oleh manusia. Nenek moyang kucing rumahan sebenarnya juga tidak begitu dekat dengan pemiliknya. Kucing tersebut dibiarkan hidup liar di pemukiman. Itu sebabnya perlu ada proses menjinakkan kucing untuk menjalin ikatan yang kuat antara kucing dan pemiliknya.

menjinakkan kucing
foto : Pixabay

Masih banyak pemilik kucing yang kurang menyadari bahwa kucing bisa sangat dekat dengan pemiliknya dan jinak apabila dibesarkan dengan cara yang benar dan mendapatkan perhatian lebih.

Umumnya, kucing akan menjadi sangat liar saat merasa terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu membuatnya nyaman terlebih dahulu dengan cara memberikan makanan. Salah satu tanda kucing merasa mendapatkan perhatian adalah kucing mulai mengendus-ngendus dan mengenali lingkungan di sekitarnya.

Proses pengenalan di atas menjadi langkah pertama yang dapat dilakukan dalam waktu singkat. Akan tetapi, terkadang ada beberapa kucing liar yang agak sulit untuk melalui proses pengenalan tersebut. Oleh karena itu, kunci keberhasilan proses tersebut adalah sabar.

Selama proses pengenalan, usahakan jangan membuat kucing gugup lalu kabur. Anda dapat menggunakan waktu makan kucing untuk berinteraksi dengan kucing secara lembut. Hal ini cukup penting karena kucing tidak akan kabur dan tidak menganggap Anda sebagai ancaman untuknya. Anda juga dapat menggunakan mainan atau memberikan camilan untuk mendorong kucing lebih dekat dengan Anda.

Setelah masa perkenalan selesai, Anda dapat melanjutkan tahap selanjutnya,yakni penjinakan. Salah satu prosesnya adalah membelai badan kucing pada bagian ekor ke kaki atau tangan. Jika kucing sudah mulai mendekati Anda, kucing tersebut sudah mulai jinak.

Kucing yang sudah jinak dapat terlihat dari ekspresi atau gerakannya saat didekati oleh pemiliknya. Namun, proses menjinakkan kucing belum berakhir di situ, Anda masih harus melakukan pendekatan dan merawatnya dengan benar agar kucing setia.

Baca Juga:  Kiat Memberikan Pakan Hidup untuk Burung Cucakrawa

Kucing yang sudah setia akan selalu menunggu pemiliknya datang dan menunggu diberi makan setiap hari. Proses ini perlu dilakukan secara rutin setiap hari dan dilakukan dengan kasih sayang.