Jurus Menyimpan Pepaya yang akan Dijual agar Tidak Cepat Rusak

Pertanianku — Proses bertanam, pemeliharaan, panen, hingga pascapanen merupakan proses yang saling berkesinambungan untuk mendapatkan hasil yang baik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil panen buah pepaya yang bagus, jangan biarkan salah satu dari proses tersebut berjalan kurang baik. Pepaya yang sudah dipanen biasanya akan disimpan terlebih dahulu sesaat sebelum dijual. Oleh karena itu, menyimpan buah pepaya tidak bisa dilakukan sembarangan.

menyimpan buah pepaya
foto: pexels

Penyimpanan yang tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan tingkat kesegaran buah turun secara drastis dan tidak bisa bertahan lebih lama. Selama dalam penyimpanan, karton atau kardus pepaya sebaiknya disusun dengan baik. Jangan tumpuk kardus tersebut lebih dari 3—4 tumpukan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan selama menyimpan buah pepaya adalah kondisi ruangan. Suhu ruang penyimpanan harus diatur tetap kering dengan sirkulasi udara yang baik. Suhu ruangan penyimpanan sebaiknya 10°C.

Buah pepaya yang sudah dikemas harus disimpan dengan cara yang benar agar tidak rusak, terutama pada buah yang dipanen ketika sudah lunak.

Kondisi kematangan buah saat panen sangat memengaruhi masa simpan buah. Oleh karena itu, Anda harus pastikan kematangan buah sudah sesuai dengan tujuan Anda.

Selain tingkat kematangan buah, Anda juga perlu memerhatikan cara panen buah dengan benar agar buah tidak cacat dan rusak, buah terhindar dari sinar matahari langsung, penyimpanan harus dilakukan pada suhu yang tepat, pengurangan terjadinya proses respirasi, serta terhindar dari infeksi hama dan penyakit.

Penyimpanan juga dipengaruhi oleh proses pengemasan. Proses pengemasan bertujuan menjaga penampilan buah agar terlihat lebih menarik ketika dijual. Pepaya yang dipasarkan ke swalayan atau ekspor biasanya dikemas dengan menggunakan karton, kardus, atau plastik kedap udara. Sementara itu, untuk pasar lokal, buah pepaya biasanya dikemas dengan bungkus kertas koran.

Baca Juga:  Kiat Mengatasi Serangan Ulat Api yang Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

Pada kemasan sebaiknya pastikan terdapat lubang sebagai sirkulasi udara. Tempatkan buah yang sudah dikemas pada wadah kering atau tempat dengan suhu yang bisa diatur. Buah yang sudah dikemas atau dibungkus harus disimpan sesuai dengan ukurannya agar mudah dijual.