Jurus Merawat Ayam Petelur agar Produktivitasnya Tinggi

Pertanianku — Pada dasarnya produktivitas ayam petelur sangat dipengaruhi oleh genetiknya. Namun, genetik bukan menjadi satu-satunya faktor yang menentukan hasil, masih ada manajemen pemeliharaan yang turut andil membuat produktivitas ayam petelur meningkat. Ayam tidak akan mengeluarkan potensi bertelurnya apabila kebutuhannya tidak terpenuhi.

 ayam petelur
foto: pertanianku

Manajemen pemeliharaan ayam petelur yang baik sangat penting untuk meningkatkan potensi tingkat produksi telur yang tinggi. Masa pertumbuhan merupakan masa yang paling baik untuk membentuk bobot badan yang diinginkan dan menjadi masa yang paling penting dalam kehidupan ayam. Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang optimal, perhatikan masa pertumbuhan ayam petelur dengan benar.

Berikut ini beberapa pedoman manajemen pemeliharaan yang dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan ayam petelur selama masa pertumbuhan.

Pakan penumbuh

Anda perlu menyediakan pakan penumbuh (growing mash) yang baik setiap hari. Pakan pabrik biasanya telah mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam. Pengoplosan pakan dengan menambahkan pakan dari luar seperti jagung bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi di dalam pakan. Ketidakseimbangan tersebut dapat memengaruhi hasil yang akan didapatkan. Itu sebabnya Anda perlu menjaga kualitas dan kuantitas pakan dengan benar.

Persediaan air

Selama masa pertumbuhan, ayam akan banyak minum karena membutuhkan banyak air untuk menjaga pertumbuhannya. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga persediaan air minum di dalam tempat minum agar tersedia sepanjang waktu.

Kondisi litter baik

Litter atau sekam di dalam kandang harus dalam keadaan baik, tidak lembap, dan juga tidak kering. Kondisi litter yang lembap dapat memicu munculnya berbagai penyakit, sedangkan kondisi litter yang kering bisa menimbulkan debu.

Sanitasi

Sanitasi berguna untuk mengurangi risiko ayam petelur terserang parasit. Ayam cenderung mudah terkena parasit seperti cacing yang datang dari alam. Anda perlu melakukan pemeriksaan pada beberapa ayam petelur dari waktu ke waktu untuk memantau parasit yang bisa datang dari luar seperti kutu ayam.

Baca Juga:  Pakan Sumber Protein Nabati untuk Ayam Kampung

Keamanan kandang

Anda harus melindungi ayam petelur dari binatang pengganggu yang biasanya datang pada malam hari.