Jurus Panen Tomat Setiap Hari

Pertanianku Panen tomat bisa dilakukan setiap hari, tetapi Anda butuh melakukan kiat khusus untuk mendapatkannya. Panen setiap hari tentunya bisa membuat usaha budidaya yang Anda jalankan lebih menguntungkan. Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap hari dari penjualan tomat tersebut. Berikut ini jurus panen tomat setiap hari yang diulas dalam buku Tomat Unggul.

panen tomat
foto: Freepik

Jurus pertama

Periode panen tomat sangat bervariasi, bergantung pada teknik budidaya, kesuburan tanah, dan kondisi kesehatan tanaman. Umumnya, tanaman tomat determinate bisa dipanen sebanyak 10 kali, sedangkan tomat indeterminate bisa dipanen sebanyak 10–16 kali. Sementara itu, beberapa varietas seperti Tymoti hanya bisa dipanen delapan kali karena pembuahannya serempak.

Agar bisa melakukan panen yang berkesinambungan, Anda perlu melakukan penanaman yang dilakukan dengan pola waktu penanaman yang tepat. Penanaman dilakukan dengan selang waktu sebulan. Dengan demikian, tomat bisa dipanen setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau permintaan pasar.

Pola waktu tanam yang tepat biasanya akan membuat panen pertama dan kedua hanya sebanyak 5–10 persen dari total panen. Puncak panen sering terjadi pada panen ke-4 dan ke-5.

Jurus kedua

Apabila ingin merasakan panen tomat setiap hari, Anda harus memperhatikan jumlah yang ingin dipanen dan tujuan yang ingin dicapai. Kedua hal tersebut perlu diselaraskan dengan teknik budidaya yang dipilih, yaitu pot atau polibag.

Untuk tujuan konsumsi rumah tangga, biasanya kebutuhan buah tomat hanya lima buah per hari sehingga Anda cukup menanam dua tanaman setiap bulan. Hal ini karena setiap tanaman sudah mulai panen 60 hari setelah tanam. Pada panen pertama dan kedua biasanya hanya menghasilkan 2–3 buah.

Tanaman tomat indeterminate yang ditanam di pot dan di wilayah dataran tinggi disarankan untuk merambatkan tanaman pada lanjaran yang tinggi. Lanjaran tersebut bisa berupa kawat atau pergola. Lanjaran tersebut dapat membuat tanaman berbuah dan berumur panjang didukung dengan asupan pupuk dan perawatan kesehatan yang tepat. Anda tidak perlu melakukan pemucukan seperti penanaman di lahan terbuka.

Baca Juga:  Varietas Unggul Cengkih

Masih banyak informasi menarik lainnya tentang tomat yang diulas oleh buku Tomat Unggul. Mulai dari varietas tomat unggul, cara budidaya yang tepat, panen dan pascapanen, hingga analisis usaha. Segera dapatkan buku ini sebagai referensi dengan menghubungi Whatsapp Admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.