Jus Ajaib untuk Menjaga Kesehatan Mata

Pertanianku — Masalah pada mata sering terjadi ketika Anda melakukan aktivitas melihat terlalu dekat seperti membaca, melihat dalam keadaan pencahayaan yang redup, tidak mengistirahatkan mata ketika menggunakan gadget, serta mengucek mata dengan tangan, baik itu tangan kotor maupun bersih. Permasalahan tersebut sebetulnya bisa dicegah dengan menjaga kesehatan mata dengan benar dan mengonsumsi gizi yang seimbang.

kesehatan mata
Foto: Pixabay

Mata seperti organ tubuh lain yang membutuhkan asupan zat gizi dan zat fitokimia. Zat gizi yang berperan untuk kesehatan mata adalah vitamin A, provitamin A, protein, vitamin C, vitamin E, dan omega-3. Sementara itu, zat fitokimia yang dibutuhkan oleh mata adalah lutein, zeaxanthin, quercetin, glutathione, likopen, dan flavonoid.

Kebutuhan zat gizi dan zat fitokimia tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan tertentu, seperti stroberi, pepaya, dan kiwi. Ketiga jenis buah tersebut merupakan sumber provitamin A, vitamin C, dan karotenoid yang berperan dalam menghambat proses degenerasi sel mata akibat oksidasi.

Anda bisa menggabungkan ketiga jenis buah tersebut menjadi jus buah yang menyegarkan dan tentunya menyehatkan. Berikut ini panduan resep untuk menggabungkan ketiga jenis buah tersebut menjadi jus buah.

Bahan-bahan:

  • 1 potong besar pepaya (110 gram)
  • 10 buah stroberi ukuran sedang atau besar (100 gram), bersihkan
  • 1 buah kiwi ukuran sedang (150 gram), potong-potong

Cara membuat:

  • Gunakan juicer untuk mengambil sari stroberi dan kiwi.
  • Masukkan pepaya ke blender.
  • Tambahkan sari stroberi dan kwi, kemudian blender hingga halus.
  • Jus dapat diminum secara langsung tanpa disaring.

Jus ajaib yang dapat menjaga kesehatan mata ini bisa Anda minum setelah makan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal ini agar penyerapan provitamin A menjadi lebih optimal karena didukung dengan kandungan lemak yang terdapat pada makanan utama.

Baca Juga:  Cara Membuat Minyak Pala

Satu porsi jus ini mengandung energi 179,1 kkal, protein 3,1 gram, lemak 1,3 gram, karbohidrat 45,2 gram, karoten total 405,8 µg, vitamin C 199,1 mg, dan zat fitokimia lutein.