Jus Buah yang Tepat Untuk Diet


Pertanianku — Anda mungkin sudah tahu ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan jus buah sebagai minuman diet. Namun, apakah Anda sudah tahu jus buah yang tepat untuk diet?

jus buah yang tepat untuk diet
Foto: Pixabay

Anda bukan hanya harus memilih jus buah asli atau sekadar minuman dengan sari buah, melainkan Anda juga perlu memastikan bahwa jus itu mengenyangkan dan tidak bikin cepat lapar.

Anda sedang diet dan bingung menghitung jumlah kalori, gula, dan komposisi lain yang kemungkinan besar ada di minuman jus buah yang Anda konsumsi? Sebenarnya tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu memilih jus buah yang tepat untuk diet Anda.

Lantas, seperti apa jus buah sehat yang bisa mengenyangkan dan tepat untuk seseorang yang sedang menjalankan diet?

  1. Ketahui waktu yang tepat minum jus buah

Apakah Anda sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk minum jus buah sehat? Waktu yang sangat disarankan minum jus buah untuk diet adalah di pagi hari atau setidaknya setengah jam sebelum makan.

Pagi hari menjadi waktu yang paling baik untuk minum jus buah karena perut Anda masih dalam keadaan kosong. Sebab, makanan manis seperti buah yang dijadikan jus tidak akan terserap dengan baik jika diminum bersamaan dengan waktu makan.

Minum jus satu atau setengah jam sebelum makan bisa mengontrol nafsu makan Anda, terutama jika jus buah yang Anda pilih mengandung tinggi serat. Itu sangat cocok sebagai minuman diet Anda.

  1. Pilihlah buah yang mengandung tinggi serat

Jika Anda sedang melaksanakan program diet untuk menurunkan berat badan dan menjadikan jus buah dalam menu harian Anda, maka pilihlah buah yang tinggi serat.

Baca Juga:  Tumbuhan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Prostat dan Ginjal

Makanan berserat merupakan asupan yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Asupan berserat bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena lebih lama dicerna sehingga menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Anda bisa memilih jambu biji, apel, jeruk, mangga, dan leci untuk dijadikan jus. Di antara buah yang telah disebutkan, jambu biji memiliki kandungan serat paling tinggi, yaitu 5,4 gram, apel memiliki kandungan serat 2,4 gram, jeruk 2,4 gram, mangga 1,6 gram, dan leci 1,3 gram.

Jambu biji mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 22 persen, apel sebesar 10 persen, jeruk 10 persen, mangga 6 persen, dan leci 5 persen.

  1. Cari tahu porsi jus buah yang sesuai

Menurut National Health Service, porsi makan buah akan berbeda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada umur dan berat badan mereka.

Orang dewasa membutuhkan 80 gram buah setiap harinya. Jika dijadikan jus buah, Anda harus minum sebanyak 150 ml dan tanpa pemanis buatan. Jus dalam porsi ini cukup bisa mengenyangkan Anda tanpa terasa berlebihan.