Jus Ceri Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Pertanianku – Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh sebagian besar orang. Bagi yang menderita darah tinggi stadium rendah, bisa saja hanya mengalami sakit kepala yang disertai mual. Tatapi bagi seseorang yang telah menderita darah tinggi stadium lanjut, mereka sangat rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Jus Ceri Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Agar tekanan darah tidak kembali naik, penderita darah tinggi harus sangat hati-hati dalam memilih setiap makanan yang dikonsumsi. Salah memilih makanan, tekanan darah bisa menjadi sangat tinggi dan membahayakan kesehatan. Sementara itu, penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah seperti halnya belimbing, semangka atau ceri.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli baru saja menemukan bahwa buah ceri bisa menjadi obat tekanan darah tinggi. Para ahli yang mempublikasikan penelitian mereka di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa minum satu gelas jus ceri setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7%. Dan jika dilakukan secara rutin setiap hari, tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang turun. Kita pun akan terhindar dari risiko stroke atau serangan jantung hingga 30%.

Para ahli mengungkapkan jika kandungan nutrisi pada buah ceri bisa menetralisir tekanan darah dalam tubuh. Rasanya yang manis alami juga bisa menambah energi dalam tubuh tanpa khawatir tubuh berisiko akan diabetes. Kandungan antioksidan dan asam fenolik pada ceri bahkan dipercaya bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar juga terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Sementara itu, Profesor Glyn Howaston mengatakan, “Ini adalah studi pertama mengenai manfaat ceri buat tekanan darah. Menarik, kami menemukan bahwa nutrisi pada buah ceri bisa menurunkan tekanan darah dengan baik dan bisa bantu kita sembuh dari risiko darah tinggi. Konsumsi ceri juga bisa menurunkan risiko serangan jantung ataupun stroke.”

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji