Jus Jeruk Dinilai Ampuh Melawan Flu, Benarkah?


Pertanianku — Jus buah memang menyehatkan dan dapat memberikan nutrisi yang cukup banyak untuk tubuh. Menurut beberapa pendapat, kandungan vitamin C pada jus jeruk dinilai ampuh melawan flu. Benarkah begitu?

jus jeruk
Foto: Pixabay

Sebuah penelitian justru mengatakan kalau efek yang diberikan jus jeruk ini hanyalah sedikit. Sudah banyak penelitian terkait hal ini, namun hasilnya berubah-ubah.

Berdasarkan laporan WebMD (17/1), secara garis besar, para ahli mengemukakan bahwa vitamin C tidak banyak membantu untuk mencegah atau mengobati flu.

Pada 2010 lalu, peneliti mengamati semua hasil penelitian yang ada kaitannya dengan hal ini. Mereka menemukan fakta bahwa jika mengonsumsi vitamin C setiap hari, tidak bisa mencegah flu.

Akan tetapi, di beberapa kasus memang terlihat kalau vitamin C dapat meredakan gejala flu. Walaupun demikian, tetap tidak ada bukti kalau vitamin C dapat melawan penyakit tersebut saat tubuh sudah terserang flu.

Berlawanan dengan hal itu, dilansir FoodBeast (10/2), jus jeruk justru bisa memperburuk flu. Sebuah penelitian menemukan kalau fruktosa yang terkandung di dalamnya bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini justru membuat tubuh sulit untuk melawan flu.

Namun demikian, ada cara ampuh untuk mengatasi flu, salah satunya dengan mengonsumsi zinc.

Zinc merupakan mineral yang ampuh melawan flu karena bisa menghambat penyebaran virus yang sebabkan flu. Zinc bisa Anda dapatkan dari biji labu, buncis, dan dark chocolate.

Di dalam 100 gram dark chocolate (kurang lebih satu batang cokelat) tanpa pemanis, mengandung 10 mg zinc. Jumlah tersebut cukup untuk dua per tiga asupan harian Anda.

Dark chocolate mungkin memiliki rasa pahit. Tapi, bahan ini sangat membantu saat Anda terkena flu. Jadi, sebaiknya konsumsi bahan maknan yang mengandung banyak zinc daripada vitamin C saat flu.

Baca Juga:  Ciri-ciri Alpukat yang Sudah Tak Layak Makan
loading...
loading...