Jus Jeruk: Minuman Sehat Kaya Manfaat


Pertanianku – Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Bahkan, buah satu ini sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Jeruk dapat Anda nikmati dengan memakannya langsung ataupun dibuat menjadi jus yang menyegarkan. Banyak orang lebih memilih jus jeruk karena lebih nikmat. Terlebih, saat cuaca panas sangat menyegarkan jika meminum jus ini.

jus-jeruk-minuman-sehat-kaya-manfaat

Di balik kesegarannya, mungkin Anda tidak menyadari manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari meminum segelas jus jeruk setiap pagi. Berikut beberapa manfaat jus jeruk jika dikonsumsi setiap pagi untuk kesehatan seperti dilansir Okezone.

Mengurangi risiko serangan jantung

Mengonsumsi jus jeruk secara rutin setiap hari dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena serangan jantung. Hal ini karena kandungan hersperidin yang terkandung di dalam jeruk mampu mencegah penyumbatan arteri.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin C dan D dalam jeruk mampu melindungi Anda dari beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Mengatasi nyeri sendi

Flavonoid yang terkandung di dalam jeruk memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menderita arthritis atau nyeri sendi, disarankan minum jus jeruk untuk mengatasi rasa sakit atau kekakuan.

Mencegah pembentukan batu ginjal

Mengonsumsi jus jeruk secara rutin dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Ini berkat konsentrasi mineral dan bahan kimia penyebab pembentukan batu ginjal. Kandungan sitrat dari jeruk dapat mengurangi keasaman urin yang tidak normal.

Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh akan menyebabkan anemia. Namun, jika Anda rutin mengonsumsi jeruk, kandungan vitamin C di dalamnya dapat menyerap zat besi di darah. Dengan demikian, Anda yang sedang hamil akan terhindar dari serangan anemia.

Baca Juga:  Yuk, Lihat Kandungan Baik dan Buruk pada Keju untuk Kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk tinggi vitamin C. Jika sering mengonsumsinya, sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat sehingga dapat mencegah flu di musim hujan.

Membantu mempertahankan tekanan darah

Karena tinggi magnesium konten, buah jeuk membantu menstabilkan tekanan darah Anda. Khusus bagi penderita tekanan darah rendah, konsumsilah buah jeruk sebelum Anda beraktivitas karena membantu menormalkan tekanan darah.

loading...
loading...