Jus Pare Baik untuk Penderita Diabetes

Pertanianku — Pengidap diabetes banyak yang menghindari mengonsumsi jus buah karena dapat menaikkan gula darah. Akan tetapi, ada jenis sayuran buah yang baik untuk penderita diabetes, yaitu pare.

Penderita Diabetes
Foto: Shutterstock

Pare adalah jenis sayuran buah yang memiliki rasa paling pahit di antara jenis buah dan sayuran yang ada. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan, Asia, sebagian Afrika, dan Karibia. Pare banyak ditemukan di pasar-pasar Indonesia, baik tradisional maupun modern atau supermarket.

Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan pare memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah. Pusat medis NYU Langone, misalnya, menyebut bahwa jika dikombinasikan dengan pengobatan medis, pare bakal ampuh menurunkan kadar gula darah.

Loading...

Penelitian yang dipublikasikan pada 2011 dalam Journal of Ethnopharmacology menyebutkan, dosis pare sebanyak dua ribu miligram setiap hari secara signifikan mengurangi kadar gula darah di antara pasien diabetes tipe 2. Situs resmi diabetes.co.uk menyebut, pare mengandung empat bahan yang membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain baik untuk penderita diabetes, pare juga bisa mengatasi sakit perut, demam, kulit terbakar, batuk kronis, menstruasi yang menyakitkan, dan gangguan kondisi kulit. 

Untuk mendapatkan khasiat pare, Anda bisa membuatnya menjadi jus. Rasanya memang pahit, tetapi Anda dapat meminimalkannya. Campur dua buah pare dengan 1 buah mentimun dan ½ buah lemon untuk mengurangi rasa pahit dan sedikit memberikan variasi rasa.

Anda juga bisa mencampurkan dua buah pare dengan satu buah mentimun, ½ buah lemon, dan 1 buah apel hijau untuk mengurangi atau mengaburkan rasa pahit pare. Sementara, untuk penderita diabetes tipe-2, dianjurkan untuk mengonsumsi resep jus pare utuh.

Baca Juga:  Manfaat dan Olahan Umbi Garut
Loading...
Loading...