Bahaya, Petani Muda Indonesia Semakin Sedikit !


JAKARTA, PERTANIANKU.COM – Indonesia terkenal dengan negara agraris. Lahan pertaniannya melimpah dengan peluang bisnis yang terbuka lebar. Sangat disayangkan jika saat ini profesi petani hanya dijalani oleh sebagian besar orang tua bahkan lanjut usia.

pak tani di pertanian padi

Ya, kesejahteraan para petani di Indonesia memang tidak sebanding dengan profesi lainnya. Hal inilah yang menjadi faktor utama semakin berkurangnya minat masyarakat muda terhadap profesi petani. Kenyataan masih banyaknya petani yang hidup di bawah garis kemiskinan, seakan menjawab mengapa minat para generasi muda untuk berprofesi sebagai petani semakin berkurang.

Tidak hanya peminatnya saja yang semakin berkurang, jumlah petani pun kini semakin berkurang. Jika demikian, Indonesia akan semakin sulit untuk mememnuhi swasembada pangan. Menurut Anggota Komisi IV DPR RI, Hamdhani seperti yang dikutip dari Jitunews.com “Cara satu-satunya yaa, pemerintah harus meningkatkan kesejahteraan petani. Bisa lewat bantuan, kemudahan-kemudahan, dan lainnya.  Kalau  jumlah petani banyak dan terus bertambah, bukan tidak mungkin produktivitas pertanian kita akan meningkat”.

Hal penting lainnya yang dapat dilakukan oleh pemerintah yaitu memberikan penyuluhan dan motivasi, baik terhadap para petani maupun generasi muda agar paham betul peran petani dalam memajukan bangsa. Upaya modernisasi sektor pertanian di Indonesia juga hal penting yang sedang gencar dilakukan oleh Kementerian Pertanian saat ini.

Mulai dari alat yang lebih modern, penggunaan bibit-bibit unggul, sampai metode tanam yang lebih efektif dapat dilakukan untuk menunjang kemajuan sektor pertanian Indonesia. : saya harap pemerintah bisa memacu semangat anak muda untuk terjun di sektor pertanian: tuaks Hamdhani.

Baca Juga:  Akibat Banjir, Inhu Alami Kerugian di Bidang Pertanian Hingga Rp5 Miliar