Jus Sayuran Menyehatkan yang Cocok Dikonsumsi Sehari-hari

Pertanianku — Saat ini mungkin hampir semua orang sudah mengetahui kalau sayuran tidak hanya bisa diolah menjadi masakan, tetapi juga bisa diolah menjadi jus. Namun, mungkin banyak dari Anda yang masih ragu membuatnya karena khawatir rasanya aneh dan hal lainnya. Sebenarnya, rasa jus sayuran sangat bergantung pada jenis sayuran dan kualitas sayuran yang Anda gunakan.

jus sayuran
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa jenis sayuran yang cocok dijadikan jus yang menyegarkan nan menyehatkan.

Seledri

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia, jus seledri terkenal aneh. Akan tetapi, sayuran yang biasa digunakan sebagai taburan untuk menambah aroma dan rasa masakan ini bisa diolah menjadi jus. Seledri juga bermanfaat untuk kesehatan karena kaya akan magnesium dan zat besi. Jus sayuran ini sangat pas dikonsumsi oleh perempuan ketika menstruasi karena bisa membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

Wortel

Wortel sudah tidak asing diolah menjadi jus, bahkan sudah banyak penjual jus buah yang menyajikan menu jus wortel. Bagi Anda yang tidak begitu suka wortel, Anda bisa mengombinasikan wortel dengan tomat. Jus akan terasa lebih segar dan manis serta rasa wortelnya menjadi berkurang.

Tak hanya punya rasa yang enak, wortel juga baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta berbagai zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C sehingga baik bagi kesehatan Anda. Meskipun sudah terasa enak, tomat memiliki rasa asam-manis alami.

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga zink. Beberapa pilihan sayur hijau terbaik untuk dijus dan diminum setiap hari di antaranya bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air kubis cina, dan peterseli.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman yang Perlu Diwaspadai saat Musim Hujan

Rasa jus sayur hijau cenderung pahit dan agak langu. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengombinasikannya dengan buah yang manis atau sedikit asam seperti apel, kiwi, atau mangga. Selain itu, Anda dapat menggunakan madu untuk menambah rasa.