Unik, Jutaan Hewan Ini Melakukan Migrasi Saat Musim Penghujan


Pertanianku – Australia merupakan rumah bagi ratusan spesies flora dan fauna. Salah satu pulau kecil di Benua Australia tepatnya Pulau Natal, letaknya kira-kira 2.600 km dari barat laut kota Perth. Hewan endemik pulau ini adalah kepiting merah.

Jutaan Kepiting Melakukan Migrasi
fenamagazine

Hal unik yang menarik jutaan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara adalah karena di pulau tersebut adalah proses migrasi tahunan bagi jutaan kepiting merah. Selama masa musim kawin, jutaan kepiting merah akan bermigrasi dari hutan ke daerah pantai.

Saat  musing penghujan, biasanya Oktober sampai November, lebih dari 50 juta kepiting akan memulai perjalanan mereka ke daerah pantai yang dipimpin oleh kepiting jantan. Perjalanan akan memakan waktu 5-7 hari tersebut dipersulit oleh curah hujan yang tinggi serta angin yang cukup kencang.

Sesampainya di pantai, jutaan kepiting betina akan bertelur di dalam sebuah liang kecil yang dibuatnya dan menunggu telur-telurnya menetas. Membutuhkan waktu sebulan untuk telur-telur tersebut menetas dan tumbuh menjadi kepiting-kepiting kecil berukuran lima milimeter. Kepiting-kepiting tersebut akan kembali bermigrasi ke hutan melalui jalur yang sama.

Selama masa migrasi, sejumlah jalan yang biasa dilalui kepiting merah akan ditutup dan diberi tanda. Perlindungan terhadap kepiting telah ditingkatkan beberapa tahun terakhir setelah banyaknya insiden yang melanda mereka selama masa migrasi. Banyak kepiting yang ditemukan hancur terlindas kendaraan yang melewati jalur migrasi kepiting-kepiting itu. Pemerintah lokal juga membangun sejumlah terowongan serta jembatan khusus kepiting agar mereka bisa lebih aman bermigrasi.

Para wisatawan bisa dengan leluasa melihat segerombolan kepiting berwarna merah keunguan sepanjang beberapa kilometer. Sebuah pemandangan yang menakjubkan. Tidak jarang sejumlah wisatawan mengikuti rute migrasi sambil berlari di sisi mereka.

Baca Juga:  Omega-3 Pada Ikan Lebih Ampuh Cegah Kanker
loading...
loading...