Kabar Gembira! Badak Hitam yang Sangat Langka Telah Lahir


Pertanianku — Seekor bayi badak hitam yang sangat langka baru-baru ini telah menjadi keluarga baru di Kebun binatang Taronga Western Plain, Australia. Bayi badak hitam ini lahir bertepatan dengan hari Halloween, yaitu 31 Oktober 2017 lalu. Ibunya bernama Bakhita dan ayahnya bernama Kwanzaa.

badak hitam yang sangat langka
Google Image

Saat ini, badak hitam terancam punah. Padahal, dulu spesies ini paling banyak di dunia, jumlahnya mencapai 850.000, tapi kini jumlahnya kurang dari 5.500. Jumlah badak hitam mencapai titik terendah pada 1995, yakni sekitar 2.410 ekor. Namun, perlahan jumlah mereka bertambah lagi.

Hingga kini, bayi badak hitam tersebut belum diberi nama dan ia menjadi anak badak hitam kedua di kebun binatang Taronga Western Plains. Kelahirannya berhubungan dengan program pengembangbiakan badak hitam terpadu.

“Kami sangat senang atas lahirnya anak badak hitam jantan pada 31 Oktober 2017, tengah malam,” kata Scott Smith, seorang kru badak, dikutip dari Science Alert, Selasa (28/11).

Ia mengutarakan kegembiraannya atas kelahiran bayi badak hitam yang kini keberadaannya sangat langka.

“Setiap kelahiran memang istimewa, tapi memiliki dua anak badak hitam yang lahir dalam satu tahun sangat menarik. Kami sangat senang,” ujar Scott.

Menurut pihak kebun binatang, bayi badak tersebut hidup dengan baik. Ia telah mengenal pelatihnya dan merasa aman di dekat pelatih tersebut. Meski bayi badak tidak akan makan makanan padat sampai berusia tiga bulan, anak badak tersebut telah berlatih mengunyah dedaunan.

“Ia telah terlihat berlari mengelilingi kandang belakangnya dan menjelajah jarak yang cukup jauh dari Bakhita untuk jangka waktu yang pendek,” ungkap Scott.

Alasan utama penurunan jumlah badak hitam ini yaitu hilangnya habitat asli mereka akibat pembukaan lahan pertanian dan perburuan liar cula badak. Cula badak biasanya diperjualbelikan secara illegal dengan harga fantastis mencapai Rp800 juta per kilogram.

Baca Juga:  Kementerian ESDM Beri Bantuan 100 Konverter Kit untuk Nelayan Cirebon

Untuk membantu upaya konservasi, kebun binatang di seluruh dunia menerapkan program pengembangbiakan badak hitam. Kebun binatang Taronga Western Plains memiliki habitat besar untuk hewan ini dan berfokus pada konservasi hewan. Mereka mengakuisisi enam badak hitam untuk program pengembangbiakan pada 2004.

loading...
loading...