Kabupaten Bandung Mampu Mengekspor Sayuran Hingga Eropa dan Timur Tengah


Pertanianku – Sebagian komoditas sayuran dari Kabupaten Bandung telah diekspor ke beberapa negara di luar negeri. Tak hanya itu, 40% suplai sayuran di Jawa Barat berasal dari Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung Mampu Mengekspor Sayuran Hingga Eropa dan Timur Tengah

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung Tisna Umaran menuturkan, 40% yang disuplai itu di antaranya kubis, bawang merah, tomat, cabai merah, tomat dan kentang. “Ada juga kelompok tani kita yang sudah mengekspor hasil panen sayurannya,” ucap Tisna, seperti dilansir dari Republika (20/7).

Negara-negara penerima sayuran dari Kabupaten Bandung, kata Tisna, di antaranya beberapa negara di Eropa, Korea Selatan, Singapura, Cina, Jepang, dan Timur Tengah. Sementara itu, untuk pasar lokal, sayuran tersebut biasa dikirim ke beberapa daerah di Jawa Barat dan Jakarta.

Tisna menambahkan, daerah yang selalu menjadi pemasok komoditi sayuran, tentu wilayah kecamatan yang berada di dataran tinggi. Misalnya, Kecamatan Ibun, Ciwidey, Kertasari, Cilengkrang, Pasirjambu, dan Pangalengan.

“Ada kelompok tani di Pangalengan, namanya Katata, itu mereka sudah bekerja sama dengan Unpad dan Bank Indonesia untuk budi daya sayuran,” tutur Tisna.

Sayuran yang telah dibudidaya tersebut, Tisna mengatakan, untuk memenuhi permintaan luar negeri. Di antara jenis sayuran budi daya itu, yakni timun jepang, labu jepang, kubis, tomat beef, dan baby kenya. “Hasil panen ini untuk ekspor, kalau ada sisa, dijual di pasar lokal.”

Baca Juga:  Ribuan Hektar Sawah di DIY Terdampak Bencana Siklon Tropis
loading...
loading...