Kabupaten Karanganyar Kembangkan Melon Ladika dan Sumo


Pertanianku – Melon termasuk salah satu produk buah unggulan di Indonesia. Buah ini banyak tumbuh di Indonesia bahkan seluruh dunia. Di Indonesia melon banyak disukai orang karena rasanya yang manis. Karena daging buahnya yang tebal serta rasanya yang manis, menjadikan buah ini menjadi salah satu buah primadona di Indonesia.

Harga melon sangat terjangkau. Namun, harga buah ini di Indonesia sangat berbeda dengan Jepang. Di negeri matahari terbit tersebut, harga buah ini sangat fantastis.

Di Indonesia sendiri salah satu sentra produksi buah melon terdapat di Kabupaten Karangayar. Perkebunannya yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Karangpandan, Matesih, Jumantono, Jumapolo, Mojogedang, dan Colomadu.

Menyoal produktivitas buah melon, menurut Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Karanganyar, Budi Sutresno, mengatakan, pada 2014 produksi melon mencapai 582 ton.

“Hasil panen melon selain dijual di Karanganyar dan daerah sekitarnya, juga dipasok hingga Semarang, Yogyakarta, dan Jakarta. Melon juga diekspor sampai Singapura dan Malaysia,” kata Budi.

Setidakya dua varietas melon yang dikembangkan petani adalah jenis melon asli Indonesia yang disebut Ladika (Lahir di Karanganyar) dan Sumo (Suko Usaha Melon Oke).

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan
loading...
loading...