Kacang Hijau Bermanfaat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat


Pertanianku – Air rebusan kacang hijau sejak dulu telah diketahui banyak orang dapat diolah menjadi minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Menurut Novi Cynthia Prisma Dewi, mahasisiwi Program Studi Ilmu Gizi Universitas Diponegoro, Novi mengungkapkan, kandungan isoflavon pada kacang hijau sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat yang tentunya baik bagi kesehatan.

Kacang Hijau Bermanfaat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Untuk membuktikan hal tersebut, Novi melakukan penelitian menggunakan 28 tikus putih jantan sebagai media uji coba. Kemudian membagi hewan uji tersebut menjadi 3 kelompok perlakuan. Ketiga kelompok tersebut diberi ekstrak kacang hijau masing-masing 0,45 gram, 0,9 gram dan 1,35 gram per kilogram bobot tubuh.

“Sebelum diberi ekstrak kacang hijau tikus-tikus itu saya beri pakan tinggi kolesterol selama 30 hari sebanyak 4 ml per hari agar tikus mengalami hiperkolesterolemia. Tikus itu juga saya kasih antibiotik dan coccidiostat atau obat pencegah berak darah sebanyak 20 mg per hari. Hasilnya, tikus yang mengonsumsi 0,45 gram ekstrak kacang hijau kadar kolesterol jahat turun 21,06 persen,” tutur Novi.

Selain itu, tikus kelompok kedua yang mengonsumsi 1,35 gram ekstrak kacang hijau juga mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebesar 17,37 persen. Hal yang sama juga terjadi pada tikus yang diberi 0,9 gram ekstrak kacang hijau kendari penurunannya tidak banyak.

Kandungan asam lemak tak jenuh tinggi pada kacang hijau yang mencapai 73 persen dan dapat menekan kolesterol jahat. Kacang hijau juga memiliki isoflavon yang mencapai 70.74 mg per 100 gram buah. Isoflavon pada kacang hijau merupakan fitosterol yang mampu menghambat absorpsi kolesterol baik yang berasal dari diet maupun kolesterol yang terbentuk oleh hati. “Isoflavon juga dapat mengaktifkan enzim sitokrom P-450 yang mampu mengikat kolesterol menuju asam empedu sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah itu,” jelas Novi.