Kacang Hijau Vima dan Segudang Keunggulannya

Pertanianku — Salah satu varietas kacang hijau yang banyak dibudidayakan adalah kacang hijau vima. Kacang hijau ini memiliki banyak keunggulan sehingga menjadi favorit banyak petani kacang hijau.

varietas kacang hijau
Foto: pixabay

Vima dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian atau Balitbangtan sejak beberapa tahun terakhir. Keunggulannya adalah kacang hijau vima mampu berumur genjah dan polongnya dapat matang serentak. Tidak heran bila seiring berjalannya waktu, permintaan akan kacang hijau ini terus meningkat.

Seperti yang diketahui, kacang hijau dengan dua karakter unggul tersebut sangat digemari. Kacang hijau yang genjah disertai dengan polong yang masak serempak memiliki perawatan yang lebih mudah ketimbang kacang hijau yang tidak memiliki sifat tersebut.

Loading...

Selain mudah dalam perawatannya, biaya tenaga kerja yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit. Hal ini karena para pekerja tersebut tidak harus melakukan panen berkali-kali. Sebagai perbandingan, kacang hijau lokal lainnya dapat mengalami pemanenan 2—3 kali dalam sekali masa tanam.

Keunggulan lain dari kacang hijau vima adalah tahan terhadap berbagai jenis hama dan penyakit. Beberapa hama yang mampu ditangkal oleh varietas unggul ini adalah hama trips dan kutu kebul.

Tanaman kacang hijau biasanya tidak tahan terhadap kedua jenis hama ini. Dengan begitu, hasil panen yang diperoleh pun tidak sebanding. Begitu pula dengan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan menyewa tenaga kerja.

Hasil panen kacang hijau vima pun cukup tinggi. Dalam satu hektare, para petani yang bertanam kacang hijau vima dapat memetik hasil panen hingga 2,7 ton kacang kedelai.

Hasil panen tersebut mampu didapatkan kacang hijau vima dalam waktu panen yang relatif singkat, yakni hanya berkisar 56—57 hari setelah masa panen.

Baca Juga:  Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Melihat peluang ini, kini banyak perusahaan benih yang melirik untuk membudidayakan kacang hijau vima. Hasil penelitian Balitbangtan ini sendiri baru dapat diproduksi oleh dua perusahaan swasta di luar Balitbangtan, yakni CV Semi, Grobogan, Jawa Tengah, dan PT East West Indonesia dengan kebun produksinya di daerah Purwakarta.

Semakin tingginya minat para petani bertanam kacang hijau vima, membuat banyak perusahaan lain mulai berminat mendapatkan lisensi kacang hijau ini. Kemungkinan pun masih terbuka lebar bila Anda ingin berkecimpung di dalamnya.

Loading...
Loading...