Kacang Tolo, Kandungan Gizi dan Manfaat Sehatnya


Pertanianku — Sudahkah Anda mencoba kacang tolo atau cowpea selain kacang merah, kacang kedelai, atau kacang tanah? Kacang yang memiliki nama asli Vigna unguiculata ini termasuk jenis kacang-kacangan yang mudah ditanam, memiliki rasa yang nikmat, dan kaya akan zat gizi.

kacang tolo
Foto: Google Image

Kacang tolo sangat mudah ditemukan di Indonesia dan di negara-negara Asia. Kacang ini memiliki berbagai komponen zat gizi yang sangat penting untuk tubuh. Yuk, simak apa saja kandungan gizi dan manfaat sehatnya!

  1. Protein

Kacang tolo adalah sumber protein nabati yang baik, apalagi bagi orang yang tidak mengonsumsi daging. Protein adalah zat gizi yang sangat penting untuk menyokong kebutuhan tubuh, termasuk membentuk otot, membentuk jaringan kulit, rambut, dan kuku. Protein jugalah yang bertugas untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak.

  1. Zink

Kacang tolo juga merupakan sumber zink dari produk nabati yang sangat baik. Zink adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari laman Medical News Today, zink berfungsi mengaktivasi sel T yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa jika kekurangan zink, sistem kekebalan tubuh pun akan menurun dan mudah sakit.

  1. Folat

Mengonsumsi kacang tolo sekitar sebanyak satu cangkir penuh sudah memberikan 52 persen asupan folat harian yang direkomendasikan. Folat memiliki peran penting dalam menciptakan materi genetik, yakni gen pada setiap makhluk hidup dan akan diturunkan ke anaknya. Folat juga dibutuhkan untuk memproduksi cukup sel darah merah untuk menghindari anemia.

  1. Kalsium

Kacang tolo merupakan bahan makanan nabati yang tinggi akan kalsium. Kacang tolo dapat dijadikan bahan makanan pengganti sumber kalsium lainnya untuk meningkatkan variasi makanan sehari-hari. Kalsium sangat dubutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga yang dibutuhkan oleh jantung, otot, dan saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

  1. Serat
Baca Juga:  Manfaat Tomat untuk Jaga Kesehatan Paru-paru Perokok

Salah satu manfaat kacang tolo untuk kesehatan adalah dari komposisi seratnya. Serat adalah zat yang membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah terjadinya sembelit dan membantu menjaga tingkat kolesterol di dalam aliran darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, makanan berserat ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama karena mereka diolah perlahan-lahan di dalam tubuh dan sangat penting untuk pengendalian berat badan.

  1. Rendah lemak

Manfaat kacang tolo lainnya, yakni kandungan lemak yang rendah. Bagi Anda yang sedang diet rendah lemak, kacang tolo bisa dijadikan camilan sehat dan juga campuran dalam sayuran Anda. Dalam 100 gram kacang tolo yang sudah direbus hanya mengandung 1,1 gram lemak.

loading...
loading...