Kacang Tunggak, Kacang Sayur yang Mudah Ditanam

PertaniankuKacang tunggak merupakan kacang sayur yang mudah dan murah untuk ditanam karena tanaman tidak memerlukan ajir. Kacang ini biasanya digunakan pada aneka menu sayuran tradisional. Kacang yang memiliki nama ilmiah Vigna unguiculata juga dikenal sebagai kacang tolo, dadap, dan kebo. Kacang ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi di negara-negara Asia lainnya.

kacang tunggak
foto: http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/

Tanaman kacang tunggak sering ditanam di pedesaan sebagai sumber bahan pangan lokal yang murah dan mudah didapatkan. Tanaman ini juga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah karena sifatnya yang mudah tumbuh. Pohon kacang ini bisa membuat halaman terlihat lebih asri.

Kacang tunggak bisa ditanam di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 50—500 mdpl dengan iklim agak kering dan bersuhu 20—30°C. Kacang ini menyukai daerah yang terbuka dan bisa tumbuh di tanah jenis apa pun, yang terpenting adalah derajat kemasaman tanah sekitar 5,5—6,5.

Loading...

Pohon kacang sayur ini lebih tahan terhadap kekeringan dibanding kacang buncis dan kacang panjang. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok dikembangkan di Indonesia bagian timur yang memiiki curah hujan lebih kecil.

Lahan yang akan digunakan harus diolah dengan dipacul sedalam 30 cm dan diberikan pupuk kandang atau kompos matang sebanyak 10—20 ton/hektare. Tebarkan pupuk kandang secara merata di atas tanah yang sudah dipacul. Di lahan juga dibuatkan selokan untuk drainase dan jalan setapak dengan lebar 30—40 cm.

Lahan perkebunan tidak perlu dibuat bedengan. Anda hanya perlu memerhatikan pembuangan air agar bisa berjalan dengan baik. Air yang menggenang lahan bisa menyebabkan akar tanaman terserang penyakit busuk akar.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan jarak 30—40 cm dalam barisan lubang yang sejajar mengarah ke timur-barat. Dalam satu lubang bisa ditanam sebanyak 2 biji kacang dan tutupi dengan tanah tipis atau kompos.

Baca Juga:  Khasiat Jeruk Bali di Balik Rasanya yang Asam dan Pahit

Selama masa perawatan, tanaman perlu diberikan pupuk yang terdiri atas urea, TSP, dan KCL. Tanaman kacang tunggak rentan terserang kutu hitam dan penggerek polong serta beberapa penyakit lainnya, Anda harus mewaspdai kemungkinan tersebut.

Dalam buku Kacang Sayur terbitan Penebar Swadaya membahas secara lengkap cara merawat tanaman kacang tunggak dan beberapa macam pohon kacang sayur lainnya yang bisa Anda tanam di pekarangan atau ditanam di lahan untuk dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi bisnis Anda!

Loading...
Loading...