Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis


Pertanianku – Bagi para penikmat kopi, sebaiknya mulai sekarang Anda membatasi jumlah konsumsi kopi dalam sehari. Pasalnya, jika seseorang berlebihan mengonsumsi kopi, bisa menyebabkan overdosis. Pasti Anda terkejut bukan? Bagaimana bisa meminum kopi menyebabkan overdosis?

Foto: pexels

Seseorang yang mengaku pecinta kopi kadang mengatakan golongan darahnya adalah ‘C’ yang merujuk pada kata ‘Caffeine.’ Namun ternyata, tak semua orang bisa mengetahui dosis kafein yang berada di dalam tubuhnya.

Ketika seseorang mengonsumsi kafein dengan jumlah yang banyak bisa membahayakan tubuh. Tubuh membutuhkan waktu setidaknya empat jam sebelum mulai merasakan efek overdosis kafein.

Berikut tanda seseorang yang dinyatakan kelebihan kafein, seperti dilansir dari Womanitely.

Gugup

Ini adalah sinyal nomor satu di mana seseorang harus berhenti mengonsumsi kafein selama sisa hari. Gugup atau gelisah adalah sensasi dari jantung. Degupan jantung kadang sebentar, tetapi mendadak kencang sekali. Dalam beberapa kasus, gugup ini berdampak buruk sehingga seseorang tampak seperti seizure atau kejang ringan.

Pusing atau sakit kepala

Ini mungkin sakit umum yang menyerang semua orang. Sakit kepala di sini bukan panggilan seseorang harus menambah gelas kopinya.

Gejala ringan lain yang menandakan tubuh kelebihan kafein adalah diare, insomnia, demam, cepat marah, dan dehidrasi atau rasa haus meningkat tiba-tiba. Jika seseorang baru saja minum espresso satu jam lalu, dan sudah merasakan gejala-gejala di atas, jangan sekali-sekali menambah cangkir kopi yang baru.

Gejala serius seseorang overdosis kafein adalah muntah, halusinasi, kebingungan, dada sakit, detak jantung tak menentu, kejang otot, dan sesak napas. Ketika jumlah kafein dalam tubuh mencapai tingkat toksik, biasanya satu-satunya cara mengobatinya adalah mengonsumsi pencahar atau lavage lambung.

Kondisi terparah adalah dokter harus mencuci isi perut seseorang. Detak jantung akan dipantau dengan alat EKG, dan jika perlu seseorang perlu mendapat bantuan pernapasan. Untuk itu, penting bagi Anda mengurangi konsumsi kafein dengan memperbanyak minum air putih ya.

Baca Juga:  Produsen Jamu Sido Muncul Hasilkan Keuntungan Hingga Rp500 Miliar
loading...
loading...