Kain Penutup Sangkar Pleci

Pertanianku – Dalam memeilihara burung, kain penutup sangkar perlu disiapkan. Fungsi utamanya memang sebagai penutup sangkar, baik ketika dipelihara di rumah ataupun sebagai penutup sangkar ketika akan dibawa ke arena kontes atau ke tempat lain untuk dilatih fisik dan mentalnya. Ketika di rumah, penutup sangkar sangat dianjurkan digunakan pada malam hari, baik untuk bakalan atau yang sudah terlatih. Penutup sangkar sangat berguna apabila pleci yang dipelihara lebih dari satu ekor. Jika pleci yang dipelihara lebih dari satu ekor dan sudah menjadi burung yang sudah terlatih, dianjurkan tidak boleh saling melihat satu dengan lainnya. Hal itu akan menyebabkan burung terus berbunyi karena melihat temannya.

Kain Penutup Sangkar Pleci

Dengan demikian, burung menjadi kurang istirahat dan dikhawatirkan akan tidak berbunyi pada siang hari karena kelelahan. Dalam memilih kain penutup sangkar, sebaiknya menggunakan yang ada kancing atau retsleting atau kancingnya. Hal itu akan memudahkan dalam menggunakannya, terlebih ketika kontes. Dengan adanya retsleting atau kancing, sirkulasi udara bisa diatur dan terjaga dengan baik. Kain yang digunakan sebaiknya adalah kain yang tipis dan berwarna cerah agar suasana atau kondisi bagian dalam sangkar bisa tetap terang. Kondisi yang demikian juga akan sangat baik walaupun sangkar ditutup pada siang hari.

Juga perlu pleci mania ketahui, bagian dalam sangkar yang gelap kurang disukai kacamata. Hal itu bisa membuatnya takut, seperti kaget dan tidak nyaman, bahkan bisa berujung burung stres.

 

Sumber: Buku burung Pleci

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Burung Cucakrawa Stres

loading...