Kajian Harapan Masa depan Karet Alam


Pertanianku – Walaupun terdesak oleh munculnya karet sintetis, namun desakan itu tidak menghentikan sama sekali produksi karet alam. Perkembangan karet alam masih mempunyai harapan untuk tetap bertahan di pasar karet internasional.

Situasi Pasar Karet Alam

Kemajuan industri pun selamanya tidak memihak pada karet sintetis karena sebagian sifat karet alam tidak dimiliki oleh karet sintetis. Perkembangan akhir-akhir ini menunjukkan semakin banyaknya industri ban radial yang harus memakai karet alam sebagai bahan bakunya. Sementara itu, kendaraan-kendaraan juga cenderung memakai ban radial. Gejala seperti ini mulai tampak di negara-negara maju sehingga memberikan harapan pada perkembangan karet alam.

Perkembangan cara penyajian karet alam ternyata sangat menarik. Timbulnya industri karet dengan spesifikasi teknis merupakan perkembangan yang sangat agresif sebagai jawaban yang sangat nyata. Demikian pula dengan adanya cara pengepakan yang baik akan membuka era baru penyajian karet alam. Kondisi kemajuan seperti ini menyebabkan para konsumen mulai berpaling lagi ke karet alam.

Selain kemajuan di atas, kemajuan lain yang terjadi pada industri karet alam di antaranya sebagai berikut.

  • Pembuatan karet secara kimia yang menghasilkan karet tahan minyak pelumas.
  • Penemuan karet termo-plastik yang berasal dari campuran karet alam dan polipropilen.
  • Perluasan penggunaan karet alam untuk pembuatan barang bukan ban.
  • Penemuan teknik pencangkokan dari lateks.
  • Di samping kemajuan di bidang teknologi, kemajuan di bidang agroteknologi pun memberikan dampak pada pengembangan industri karet. Kemajuan ini terutama terjadi pada
  • Perbaikan teknik eksploitasi seperti penggunaan stimulan danpenyempurnaan alat sadap,
  • Penggunaan Won unggul sehinggadapat menekan harga produksi,
  • Penemuan obat-obatan, dan
  • teknik peremajaan tanaman.

Dengan diterapkannya kemajuankemajuan seperti di atas secara sungguhsungguh, bukan tidak mungkin usaha ini akan memberikan dampak pada kenaikan harga jual dan menurunkan biaya produksi. Oleh karena terdapat kecenderungan konsumen akan kembali pada karet alam maka diperkirakan akan terjadi kekurangan penawaran karet alam.

Baca Juga:  Harga Vanilli Diprediksi Terus Membubung Tinggi Hingga 2028

Jika berpijak padaasumsi ini maka dapat disimpulkan masa depan karet alam cukup baik. Namun, untuk menunggu saat yang baik tersebut para pengusaha saat ini dihadapkan pada kenyataan harga yang relatif rendah. Untuk mengatasinya, pengusaha atau produsen karet alam hendaknya berpikir lebih jauh untuk mengurangi risiko harga karet yang rendah.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Karet