Kalahkan Carolina Reaper, Ini Cabai Terpedas di Dunia

Pertanianku — Sejak 2013, takhta cabai terpedas di dunia dipegang oleh carolina reaper. Enam tahun setelahnya, salah satu kultivar cabai ini harus rela tergeser peringkatnya karena kehadiran cabai jenis baru. Apakah cabai terpedas di dunia itu?

cabai terpedas di dunia
Foto: pepperhead

Ialah pepper x, salah satu kultivar Capsicum chinense yang dibudidayakan oleh Ed Currie yang juga pembudidaya carolina reaper.

Carolina reaper sendiri memiliki warna merah dengan buah yang berkerut dan tidak mulus. Bagian ujung cabai ini runcing seperti ekor. Pada 2013 silam, Guinness World Records mencatat cabai ini sebagai cabai terpedas setelah mengalahkan kepedasan trinidad scorpion.

Loading...

Nilai kepedasan carolina reaper rata-rata 1.569.300 SHU (Scoville Heat Units:ukuran tingkat kepedasan cabai dan rempah). Skala ini diukur berdasarkan banyaknya kandungan senyawa capsaisin yang menyebabkan rasa pedas dan terbakar pada cabai.

Bisa dibayangkan kepedasan carolina reaper dengan membandingkan pada cabai rawit biasa yang hanya memiliki 700 ribu SHU.

Akan tetapi, kepedasan carolina reaper kalah telak oleh pepper x. Sayuran buah ini diklaim memiliki kepedasan hingga 3,18 juta SHU. Berdasarkan hal tersebut, pepper x resmi menduduki takhta sebagai cabai terpedas dan telah disahkan oleh Guinness World Records pada 2019.

Cabai ini memiliki penampakan yang jauh berbeda dari carolina reaper, pendahulunya. Ia berwarna hijau muda agak kekuningan dengan kulit keriput. Buahnya menggembung tanpa ekor.

Cabai ini memiliki sedikit rasa manis pada gigitan awal, namun sangat pedas setelahnya.

The Last Dab merupakan olahan saus yang dihasilkan dari cabai pepper x ini. Sebagian besar saus yang super pedas menggunakan ekstrak capsaisin untuk menambah sensasi pedas. Tapi, saus ini sama sekali tidak menggunakan ekstrak capsaisin. The Last Dab menggunakan 100 persen rempah dan cabai. Bisa dibilang, saus ini juga merupakan saus terpedas di dunia.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Sayangnya, hingga sekarang tanaman unik ini belum bisa dibudidayakan secara luas. Bibit dan benih cabai belum tersedia untuk umum. Akan tetapi, jika tertarik, Anda tetap bisa membeli saus The Last Dab untuk menikmati sensasi super pedas ala pepper x.

Loading...
Loading...