Kalimantan Tengah Punya Taman Teknologi Pertanian


Pertanianku – Pemerintah Kalimantan Tengah membangun Taman Teknologi Pertanian (TTP). Hal ini dilakukan guna memberdayakan kelompok petani setempat, TPP dapat mengangkat potensi buah lokal untuk memasuki pasar dunia. Hal tersebut sangat diapresiasi oleh Komisi IV DPR RI sebagai terobosan baru sektor pertanian.

 Taman Teknologi Pertanian

Ketua Komisi IV Edhy Prabowo mengungkapkan, dengan menempati areal sekitar 2 hektar, TTP di Banturung ini memberikan ilmu yang berharga bagi para petani tentang teknologi pertanian. Sekaligus pelajaran dalam mengolah hasil pertanian menjadi beragam kudapan.

Bahkan, Edhy menyebutkan, Wakil Wali Kota Palangka Raya membuat kebijakan yang baik dengan mengharuskan beberapa super market menjual produk buah petani lokal. Menurutnya, keberadaan TTP ini sangat disambut baik oleh masyarakat dan pemerintahan setempat untuk menekan ketergantungan pada buah impor. Edhy berharap agar populasi petani juga terus ditingkatkan, walau luas lahan semakin menyusut.

Dengan hadirnya TTP ini diharapkan jumlah petani semakin meningkat,” ungkap Edhy. Berkurangnya usia petani produktif, dapat menurunkan produktivitas pertanian Indonesia. Sudah saatnya produk-produk pertanian lokal mendunia.

Sebagian besar anggota Komisi IV juga mengimbau agar Dinas Pertanian setempat menyediakan penginapan bagi para petani yang datang dari daerah di luar Banturung untuk belajar di TTP. Komisi IV setuju  dengan Dinas Pertanian dan Wakil Wali Kota Kalteng bila lahan TTP diperluas. Komisi IV siap mendukung penganggarannya.  Saat di TTP, tim Komisi IV meninjau budidaya tanaman sayuran dan bibit buah-buahan. Tidak hanya sayuran dan buah-buahan yang dikembangkan. Sapi juga dikembangbiakkan di sana. Hasil kotorannya juga dimanfaatkan untuk membuat kompos dan energi terbaru.

Baca Juga:  Asiknya Bertanam dan Panen Sayur di Teras Rumah
loading...
loading...