Kambing Jawa Randu, Kambing Potong Hasil Persilangan

    Pertanianku Kambing jawa randu hasil persilangan antara kambing kacang dan peranakan etawa. Persilangan tersebut menghasilkan peranakan kambing yang lebih dominan menurunkan sifat genetik kambing kacang, meskipun tubuhnya relatif lebih besar daripada kambing kacang.

    kambing jawa randu
    foto: Pertanianku

    Performa kambing jawa randu kurang begitu gagah dan cantik, tidak seperti kambing etawa. Namun, kambing ini dapat menjadi penghasil susu dan daging yang baik apabila dirawat selayaknya kambing etawa.

    Bentuk fisik kambing ini lebih mirip kambing kacang. Oleh karena itu, banyak yang menyebut kambing ini dengan sebutan bligon, gumbolo, koplo, dan kacukan.

    Kambing jawa randu jantan dan betina dapat dijadikan kambing potong. Bobot kambing jantan dewasa dan betina mencapai 40 kg. Kambing jantan dan betina sama-sama bertanduk lurus atau ke samping.

    Kambing ini lebih cocok sebagai alternatif penghasil daging karena harga daging jawa randu relatif lebih murah dibanding kambing etawa. Namun, kambing ini termasuk salah satu jenis kambing yang sering dipilih menjadi hewan kurban.

    Jawa randu cukup mudah dibudidayakan. Kambing ini dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi besar dengan pola makan yang sama seperti kambing kacang pada umumnya. Kambing jenis ini tidak membutuhkan kandang yang kokoh seperti kambing etawa sehingga peternak skala kecil tidak akan kesulitan dengan masalah perkandangan.

    Pakan yang diberikan dapat berupa silase atau fermentasi. Kedua pakan tersebut sangat cocok mendukung pertumbuhan kambing. Pakan fermentasi dapat membuat pertumbuhan kambing menjadi besar dan gemuk.

    Kambing ini sempat diharapkan bisa menjadi ikon dari Kota Cilacap karena dapat mendongkrak taraf hidup masyarakat setempat. Selain itu, penetapan sebagai ikon dapat melestarikan jenis jawa randu yang terbilang cukup bagus sebagai kambing potong.

    Baca Juga:  Kiat Basmi Hama Boleng pada Ubi Jalar

    Salah satu cara promosi kambing hasil persilangan ini masih dilakukan melalui kontes ternak. Kontes tersebut bertujuan mencari bibit-bibit berkualitas yang dapat mendongkrak harga kambing di pasaran.

    Jawa randu bisa menjadi salah satu pilihan komoditas kambing pedaging lokal unggulan yang patut diperhitungkan.