Kampung Perikanan Budidaya untuk Perkuat Ketahanan Ekonomi Masyarakat

Pertanianku — Pembangunan kampung perikanan budidaya termasuk salah satu program yang akan diakselerasikan pada 2022. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat kerja dengan Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPRD RI) di Jakarta.

kampung perikanan budidaya
foto: Pertanianku

Program pembangunan kampung perikanan bertujuan memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat dan mendorong pembangunan di berbagai daerah.

“Pembangunan Kampung Nelayan akan dilakukan di 120 lokasi dan pembangunan Kampung Budidaya akan dilakukan di 130 lokasi,” tutur Trenggono seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Akselerasi program kampung perikanan budidaya dan kampung nelayan maju yang akan diterapkan di berbagai daerah dilakukan secara bersinergi dengan Kementerian/Lembaga pemerintah lainnya.

Trenggono menjelaskan, pada pembangunan kampung perikanan budidaya terdapat tiga kategori. Pertama, kampung perikanan budidaya pedalaman untuk komoditas air tawar, seperti ikan mas, lele, dan pate. Kategori kedua adalah kampung perikanan budidaya pesisir untuk komoditas payau, seperti bandeng dan nila salin. Ketiga, kategori untuk kampung perikanan budidaya laut untuk komoditas ikan laut, seperti kerapu, kakap, dan bawal bintang.

Menteri KKP mengungkapkan, melalui program tersebut KKP telah menargetkan peningkatan Nilai Tukar Nelayan dan Nilai Tukar Pembudidaya Ikan. Target selanjutnya adalah terciptanya perlindungan sosial hingga meningkatnya kapasitas SDM dan skala usaha masyarakat.

“Kami mengharapkan pelaksanaan beberapa kegiatan prioritas KKP tahun 2022 di daerah dapat memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional, dengan tetap memperhatikan keberlanjutan ekologi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPD RI, Christiandy Sanjaya, mengapresiasi program kampung perikanan karena dinilai dapat membantu meningkatkan taraf hidup para pegiat usaha di sektor kelautan dan perikanan.

“Saya mengapresiasi program Kampung Budidaya dan Nelayan yang telah dijelaskan oleh Pak Menteri. Saya kira ini sangat bagus untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, khususnya nelayan,” ujarnya.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname Superintensif, Panen Dua Kali Lipat

Program-program KKP lainnya yang akan diakselerasikan di 2022 adalah implementasi penangkapan terukur di seluruh WPPNRI,  pengembangan perikanan budidaya untuk komoditas orientasi ekspor, dan program bantuan pemerintah bagi pelaku utama sektor kelautan dan perikanan.