Kandang Ayam Broiler GDM Meraih Index Performance Terbaik se-Jawa Barat

Pertanianku — Beternak ayam broiler merupakan peluang usaha yang tidak pernah mati sejak dulu. Terlepas dari besar kecilnya populasi ayam yang dipelihara, setiap peternak ayam broiler harus memiliki manajemen yang baik. Manajemen tersebut berkaitan dengan sistem pengelolaan peternakan meliputi pemeliharaan, pakan, dan pengobatan.

Khusus peternakan ayam broiler, tolok ukur keberhasilan manajemen pemeliharaan biasa disebut Index Performance (IP). Standar IP yang baik adalah 300 dengan tingkat deplesi (kematian) tidak lebih dari 5% sekali periode, mencakup akumulasi dari ke-4 parameter; bobot badan rata-rata, Feed Conversion Ratio (FCR), rata-rata umur ayam saat panen, serta tingkat deplesi. Oleh karena itu, semakin tinggi nilai IP, semakin berhasil suatu peternakan ayam broiler tersebut.

Grebrek kandang juara GDM     

Loading...

Suplemen Organik Cair (SOC) GDM mengawal salah satu kandang ayam broiler di wilayah Nagreg, Jawa Barat. Kandang ayam broiler milik Pak Edy Wicaksono ini berbentuk semiclose house. Bagian atas kandang dibuat plafon yang bertujuan mengadopsi vakum udara pada kandang berbentuk close house yang dikenal dengan tunnel system.

Suplemen Organik Cair GDM

Kandang berbentuk semiclose house ini menggunakan alat exhaust fan/blower yang berfungsi untuk menarik dan menyedot oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, serta menggunakan alat cooling pad system. Dengan bentuk kandang seperti ini, ayam broiler akan merasa nyaman dikarenakan suhu di dalam kandang tidak terpengaruh dengan suhu di luar kandang sehingga nafsu makan ayam semakin tinggi.

Menurut kajian tim Research and Development GDM Organik, bentuk kandang seperti kepunyaan Pak Edy Wicaksono memiliki kelebihan ramah lingkungan. Kotoran yang dihasilkan ayam broiler cepat kering karena bantuan exhaust fan/blower sehingga sangat membantu proses penguapan feses dan membuat kandang ayam tidak bau.

Secara ringkas, kelebihan dari bentuk kandang ayam broiler semiclose house antara lain suhu dapat disesuaikan dengan kebutuhan ayam, risiko terhadap serangan penyakit lebih rendah, dan meningkatkan kapasitas populasi ayam.

Rahasia IP di atas rata-rata ala kandang juara GDM

Seperti yang diketahui bahwa cara dan metode pemeliharaan ternak unggas, terutama ayam broiler, sangat dipengaruhi oleh suhu dan cuaca lingkungannya. Di sebagian besar wilayah Indonesia, musim panas yang berkepanjangan membawa dampak yang signifikan bagi peternak ayam broiler. Salah satu ancaman pada ayam broiler disebabkan oleh perubahan suhu yang drastis adalah heat stress (stres akibat panas).

Suplemen Organik Cair GDM

Pada contoh kandang juara GDM milik mitra Bapak Edy Wicaksono, perolehan IP tinggi merupakan akumulasi selama 1 tahun (6 periode) dengan urutan perolehan angka; 365, 320, 415, 338, 419, dan 367. Dengan begitu, diperoleh IP di atas rata-rata sebesar 370, dan dinobatkan sebagai peternak dengan performance terbaik dan stabil se-Jawa Barat.

Rumus IP = (100% – D) x BB x 100

FCR x (A/U)

Keterangan : IP = Index Performance

D = Deplesi (%)

BB = Bobot rata-rata panen (kg)

FCR = Feed Convertion Ratio

A/U = Rata-rata umur panen

Hasil periode terakhir peternakan ayam broiler Bapak Edy Wicaksono menggunakan sistem semiclose house dan penambahan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM, data yang didapatkan: BB=2,05 kg; A/U=34 hari; FCR=1,5; D=4%.

Perhitungan IP = (100% – 4%) x 2,05 x 100 = 385

1,5 x 34

Tiga hal yang menjadi rahasia sukses Pak Edy dalam meraih IP di atas rata-rata adalah faktor kandang (bentuk kandang semiclose house), manajemen pakan, serta faktor human.

Manajemen pakan termasuk juga penambahan suplemen sebagai tambahan vitamin untuk daya tahan ayam terhadap serangan penyakit. Suplemen Organik Cair (SOC) GDM menjadi pilihan utama Bapak Edy Wicaksono untuk menjaga stabilitas performa ayam-ayam broilernya. Kualitas bakteri-bakteri yang terkandung SOC GDM memiliki fungsi masing-masing, di antaranya:

  1. Bacillus Brevis
  • Penghasil antibiotik tyrocidine, untuk menambah kekebalan tubuh ternak dari serangan penyakit.
  1. Bacillus Pumillus
  • Meningkatkan daya cerna pakan
  • Menciptakan keseimbangan mikroba dalam tubuh
  • Meningkatkan produksi susu dan daging
  1. Bacillus Mycoides
  • Mencegah dan menurunkan kematian akibat penyakit ngorok dan jengger/pial biru pada ayam pedaging
  • Mengurangi gas amonia pada kotoran
  1. Pseudomonas Alcaligenes
  2. Micrococcus Roseus
  • Menekan bau amoniak dalam kandang                 

Bersama SOC GDM, Siapa pun bisa panen! Beralih ke Organik. Organik itu baik!

Loading...
Loading...