Kandang Ayam Kampung Bau? Ini Penyebabnya

Pertanianku Kandang ayam kampung yang berada di sekitar lingkungan permukiman kerap mengundang protes warga karena mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kandang ayam, terutama ayam kampung, memang berpotensi mengeluarkan bau. Ini terjadi akibat kesalahan manajemen kandang yang membuat kotoran ayam yang tidak ditangani dengan benar sehingga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap.

kandang ayam kampung
Foto: Pertanianku

Selain itu, ada penyebab lain kandang ayam kampung bau. Berikut faktor-faktor penyebab yang dimaksud.

Kepadatan tinggi dan panas

Loading...

Sirkulasi udara yang tidak bagus di dalam kandang akibat kandang terlalu padat diisi oleh ayam  membuat kondisi kandang panas dan lembap. Kondisi seperti ini akan menyebabkan ayam merasa kehausan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kandang yang panas dengan kepadatan tinggi akan menyebabkan ayam akan lebih sering minum sehingga komposisi cairan pada kotoran yang dikeluarkan menjadi lebih besar. Hal tersebut mampu memicu aroma bau yang tidak sedap.

Komposisi bahan pakan

Kandungan protein yang terlalu tinggi tetapi tidak sebanding dengan kebutuhan nutrisi protein ayam dapat menyebabkan kotoran berbau menyengat. Hal ini disebabkan kandungan protein yang dikeluarkan bersama kotoran ayam menjadi tempat tumbuh yang bagus untuk bakteri.

Selain itu, pakan yang terlalu banyak mengandung serat, terutama bahan pakan karbohidrat, juga dapat menyebabkan meningkatkan perlekatan makanan dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, kotoran yang dihasilkan akan berupa cairan.

Nutrisi pada pakan tidak tercerna sempurna

Nutrisi pakan yang tidak tercerna sempurna karena kondisi usus ayam tidak optimal dalam menyerap nutrisi.

Penyakit pencernaan

Penyakit pencernaan yang biasa menyerang ayam adalah iritasi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan protozoa. Penyakit tersebut dapat menyebabkan ayam mengalami mencret hingga kotoran yang dikeluarkan basah dan beraroma menyengat.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Susu Kambing yang Istimewa

Kondisi kandang cuaca

Bau kandang bukan hanya disebabkan kotoran ayam. Kondisi kandang yang basah juga dapat memicu bau. Kondisi kandang yang bocor dapat menyebabkan kotoran ayam terkena cipratan air hujan sehingga kotoran yang mulanya kering menjadi becek, lembap, dan berbau.

Selain air hujan, Anda harus perhatikan posisi air minum. Jangan sampai air minum tumpah mengenai kotoran ayam dan sekam.

 

 

Loading...
Loading...