Kandang Ayam Portabel, Solusi Beternak Aman di Lingkungan Padat Penduduk

Pertanianku— Salah satu problematika yang sering dihadapi oleh peternak ayam di lingkungan padat penduduk adalah bau dan kotoran yang tersebar di mana-mana. Kotoran tersebut dapat menjadi sumber penyakit jika tidak rajin dibersihkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan kandang ayam portabel yang ramah untuk ayam dan tidak mengganggu kenyamanan tetangga.

kandang ayam portabel
foto: pertanianku

Dengan adanya kandang ayam portabel ini, Anda bisa beternak ayam dengan aman dan nyaman di rumah. Apalagi, selama pandemi Covid-19 masyarakat lebih sering menghabiskan waktunya di rumah. Dengan beternak ayam kecil-kecilan, kegiatan tersebut bisa menjadi solusi untuk ketahanan pangan dan bahan edukasi.

Kandang tersebut tidak membuat hewan merasa terkungkung karena memiliki bagian yang disebut umbaran. Biasanya, ayam yang dipelihara hanya untuk tujuan konsumsi akan diumbar begitu saja di pekarangan. Ayam bebas melakukan aktivitas apa pun, termasuk membuang kotoran. Sementara itu, di lingkungan padat penduduk, cara mengumbar ayam seperti itu bisa mengganggu tetangga karena kotoran ayam yang bertebaran di mana-mana.

Dengan kandang portabel yang menyediakan bagian umbaran, ayam tidak akan membuang kotorannya sembarangan. Di dalam kandang, ayam dapat melakukan makan, minum, mengais, reproduksi, dan lain-lain.

Kandang ini sangat mudah dibuat sendiri atau minta dibuatkan ke tukang kayu. Selain pembuatannya yang mudah, perawatan kandang juga terbilang mudah. Karena bentuknya yang tidak terlalu besar, kandang ini bisa dipindahtempatkan sesuai dengan kebutuhan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerangka kandang adalah kayu atau bambu, pada bagian atapnya bisa menggunakan seng, terpal, kayu, dan bahan lainnya. Sementara itu, untuk bagian dinding bisa menggunakan anyaman bambu, triplek, atau kawat reng. Bagian lantai bisa menggunakan cor semen dengan tinggi 5 cm atau gunakan campuran serbuk gergaji, sekam, dan kapur. Adapun ukuran kandang bisa disesuaikan dengan tujuan Anda memelihara ayam.

Baca Juga:  Sneakers Ramah Lingkungan dari Limbah Sekam Padi

Kandang ini terbagi menjadi tiga bagian, di antaranya umbaran, ereman, dan teduhan. Bagian umbaran merupakan bagian ayam beraktivitas seperti mengais-ngais, bagian ereman berfungsi untuk ayam mengerami telur, dan bagian teduhan adalah tempat ayam berlindung dari panas dan hujan. Pada bagian ereman diberikan pintu untuk memudahkan Anda mengambil telur yang sudah dihasilkan.

Langkah pembuatan kandang dimulai dengan mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya, buat kerangka dari kayu atau bambu dan dilanjutkan dengan membuat bagian lantai kandang. Setelah semua selesai, pasang dinding dan atap. Atap sebaiknya dibuat agak besar dari kerangka untuk melindungi ayam dari terpaan air hujan.

Ayam yang digunakan sebaiknya ayam kampung karena memiliki daya tahan yang lebih bagus dan nilai jualnya lebih tinggi, baik untuk daging maupun telurnya.


loading...