Kandang Kambing yang Ideal untuk Penggemukan Kambing

Pertanianku — Model kandang kambing yang digunakan sangat memengaruhi keberhasilan usaha Anda dalam penggemukan kambing. Kandang yang ideal digunakan untuk penggemukan kambing adalah kandang pangung.

kandang kambing
foto: pertanianku

Penggunaan kandang panggung bisa membantu peternak menjaga kebersihan serta kesehatan ternak dengan baik. Kotoran yang tertumpuk di lantai panggung mudah dibersihkan sehingga kambing tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh kotoran.

Berdasarkan biaya pembuatannya, kandang panggung memang membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding kandang lainnya. Namun, mengingat fungsinya sangat bermanfaat demi keberhasilan usaha, penggunaan kandang panggung sering direkomendasikan.

Anda bisa menghemat biaya pembuatan kandang dengan menggunakan material yang murah, tetapi memiliki daya tahan lama. Misalnya, bambu digunakan untuk membuat tiang utama, kayu yang berukuran 5 cm × 7 cm digunakan sebagai penyangga lantai panggung, kayu ukruan 4 cm × 6 cm digunakan sebagai penghubung antara tiang dan atap, bahan plastik digunakan sebagai atap, semen untuk lantai dasar, dan anyaman bambu sebagai dinding kandang.

Ukuran kandang yang akan dibuat bergantung pada jenis kambing yang akan dibudidayakan. Namun, acuan normal pembuatan kandang penggemukan kambing, yaitu lebar minimal 120 cm dan panjang 150 cm. Ukuran tersebut bisa menampung hingga lima ekor kambing. Jarak antara lantai kandang dan lantai dasar sekitar 70 cm. Sementara itu, jarak antara lantai kandang dan atap sebesar 180 cm pada bagian depan dan 160 cm pada bagian belakang.

Ukuran tersebut sudah cukup bagus digunakan untuk menggemukkan kambing dan bisa melindungi kambing, terutama dari genangan air yang bisa menyebabkan penyakit.

Bagian lantai kandang bisa terbuat dari bambu duri yang tergolong tahan lama. Jarak antarpapan tidak boleh terlalu besar, tetapi juga tidak boleh terlalu sempit. Hal ini bertujuan agar kotoran bsia jatuh ke lantai dasar tanpa tersangkut di sela-sela lantai.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Lantai dasar di bawah kandang harus terbuat dari semen beton untuk memudahkan proses pembersihan kandang kambing. Lantai dasar sebaiknya dibuat miring dengan selisih ketinggian antara bagian depan dan belakang sekitar 7—10 cm. Pada ujung di bagian belakang lantai dasar dibuat saluran kecil yang mengarah ke penampungan kotoran. Dengan begitu, proses pengumpulan kotoran akan lebih mudah.

Peletakan tempat pakan kambing harus disesusaikan dengan jenis kambing yang dipelihara agar pakan bisa dijangkau oleh kambing dengan nyaman. Kenyamanan merupakan faktor yang memengaruhi perkembangan tubuh kambing.

Jika Anda menggunakan kambing boer, sebaiknya gunakan material kandang yang bagus karena bobotnya di atas rata-rata.


loading...