Kandang Musang dan Aksesorisnya


Pertanianku – Calon pemilik perlu menyiapkan kandang persegi sebagai “rumah” bagi musang. Pemilik dapat membuatnya sendiri maupun membeli  di pet shop terdekat. Ukuran minimum kandang ideal bagi seekor musang dewasa adalah 60 x 40 x 50 cm.

Kandang dan Peralatan Musang

Agar lebih praktis, pemilik dapat menggunakan kandang stainless steel yang memiliki engsel sehingga dapat dibuka ataupun ditutup. Kand ng tipe ini juga memiliki alas kandang berupa baki yang dapat ditarik untuk dibersihkan. Ini memudahkan proses Pet carrier. Praktis digunakan untuk mengajak musang jalan-jalan sanitasi yang harus sering dilakukan demi menjaga kesehatan musang.

Adapun perlengkapan atau aksesoris kandang yang perlu disiapkan adalah tempat pakan dan minum serta tenggeran. Tempat pakan untuk anjing atau kucing juga bisa dipakai untuk musang. Demikian pula tempat minumnya. Pemilik bisa mencari tempat minum yang berbentuk mangkok ataupun botol, seperti yang digunakan untuk kelinci. Perlu diperhatikan pula bahwa wadah minum yang berbentuk seperti mangkok dapat mudah dijungkirkan oleh musang saat beraktivitas.

Tenggeran perlu disediakan sebagai akomodasi naluri musang untuk bertengger di ranting-ranting pohon. Tenggeran dapat terbuat dari kayu atau gagang plastik yang dimodifikasi. Beberapa hobiis ada yang menyediakan selimut atau alas tidur bagi musang kesayangannya. Tujuannya agar musang tidak kedinginan saat tidur. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alas tidur tersebut jika terkena kotoran atau urin musang.

 

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta
loading...
loading...