Kandang Postal Untuk Ayam Elba

Pertanianku – Kandang postal digunakan untuk memelihara ayam umur 1—2 bulan sampai menjadi pullet (4,5—5 bulan). Ayam dari kandang boks dipindahkan ke kandang postal agar ayam lebih leluasa bergerak. Kandang ini dilengkapi dengan litter atau alas kandang. Hal terpenting adalah luas ruangan sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara.

Kandang Postal Untuk Ayam Elba

Secara umum, kandang postal adalah kandang yang lantainya bertumpu pada tanah atau semen, tetapi dilapisi litter. Litter berfungsi sebagai penutup lantai agar tidak basah dan kehangatan di dalam ruangan tetap stabil. Tebal litter sebagai alas biasanya cukup 5 cm, tetapi ada yang menggunakannya sampai 10 cm. Setiap enam bulan sekali, litter diganti dengan yang baru. Untuk hasil yang lebih baik, 25% litter dikeluarkan dari kandang dan diganti dengan yang baru setiap tiga bulan.

Sebagai alas, litter harus dipersiapkan dengan baik. Agar lantai dasar tetap kering, letaknya harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Setidaknya ada selisih paling sedikit 50 cm antara tanah dasar kandang dengan tanah di sekitarnya. Memang, penggunaan alas semen atau papan akan lebih tahan lama dibandingkan dengan alas tanah.

Untuk bahan litter, peternak dapat menggunakan campuran pasir, sekam, dan kapur tohor. Masing-masing bagiannya adalah sekam padi (80%), pasir (15%), dan kapur (5%). Sekam padi berfungsi memberi kehangatan pada ayam, pasir mencegah penggumpalan, sedangkan kapur mencegah terbentuknya gas amonia dan juga berfungsi membunuh kuman.

Secara umum, kandang postal berukuran 4 m x 4 m x 2,5 m. Kandang dengan ukuran demikian dapat menampung 200 ekor anak ayam berumur satu bulan hingga menjelang remaja atau umur 2 bulan. Berarti, kepadatan ayam dalam kandang mencapai 12—13 ekor/m2. Kandang postal ini juga cocok untuk membesarkan ayam remaja (umur 2—3,5 bulan) dan menjelang dewasa (umur 3,5—5 bulan). Peternak cukup menyesuaikan kepadatannya antara luas kandang dengan umur ayam. Kepadatan ideal ayam remaja berkisar 5—7 ekor/m2, sedangkan ayam menjelang dewasa 4 ekor/m2.

Baca Juga:  Tips agar Tidak Kecewa Saat Beternak Ayam Kampung

Memang, ada kerugian dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan kandang postal. Keuntungannya, peternak bisa menghemat biaya dan tempat. Selain itu, tidak perlu halaman luas untuk membuatnya. Kotoran pun tidak perlu dibersihkan setiap hari karena tidak akan timbul bau. Dengan menggunakan sekam sebagai litter, ayam mendapat tambahan vitamin B12 yang dihasilkan litter tersebut.

Ada pula kerugian yang mengancam peternak dari penggunaan kandang postal. Salah satunya, jika ayam terjangkit penyakit, penularan akan cepat terjadi. Selain itu, pengawasan kesehatan lewat kotoran sulit dilakukan. Risiko timbulnya penyebab penyakit cacingan dan koksidiosis lebih besar jika litter basah atau lembap.

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur

 


loading...