Kandang Starter Itik (umur 0—4 minggu)

Pertanianku – Kandang starter disiapkan untuk itik berumur 1 hari (DOD, Day Old Duck) sampai dengan 4 minggu. Kandang starter untuk itik ratu tidak berbeda dengan kandang starter untuk itik pada umumnya. Kandang untuk fase starter dibuat lebih tertutup. Khusus untuk daerah dingin (dataran tinggi), sebaiknya diberi pemanas untuk menjaga suhu tubuh itik. Pada masa ini, bulu itik belum tumbuh dan sistem thermoregulatornya belum berfungsi optimal sehingga belum mampu menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang ekstrim. Sementara itu, untuk dataran rendah, tidak memerlukan pemanas.

Kandang Starter Itik

Secara lengkap, kandang starter untuk itik ratu harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

Loading...

a) Untuk daerah dingin, kandang sebaiknya memiliki pemanas untuk menghangatkan udara dalam kandang. Pemanas tersebut dapat berupa gasolec (pemanas dari gas/LPG), kompor minyak, lampu minyak, atau bola lampu.

b) Dinding kandang sebaiknya rapat dan tidak berlubang. Hal ini bertujuan untuk menghindari hembusan angin langsung yang dapat menyebabkan itik kedinginan.

c) Ventilasi dapat dibuat pada bagian atas kandang dengan dilengkapi tirai penutup. Apabila suhu terlalu dingin atau terlalu panas maka tirai dapat ditutup atau dibuka.

d) Kandang starter disekat menjadi beberapa petak kecil untuk memudahkan penanganan itik, baik dalam pemberian pakan danminum maupun dalam mengatur suhu kandang.

e) Tempat pakan dan minum itik disesuaikan dengan jumlah dan umur itik.

f) Lantai kandang ditaburi sekam atau serbuk gergaji agar tidak basah atau becek sehingga anak itik dapat merasa nyaman.

Petak kecil dalam kandang dibagi menjadi 2 bagian denganmemberi penyekat antara tempat makan/minum dengan tempat istirahat. Jadi, setelah selesai makan dan minum, ternak dapat masuk ke tempat istirahat sehingga tempat istirahat menjadi tetap kering. Selain itu, tempat istirahat dibuat agak tertutup dengan cara menutup sebagian tempat istirahat. Dengan demikian, suhu dalam ruangan istirahat akan tetap hangat dan udaranya tidak lembap.

Baca Juga:  Permasalahan yang Kerap Timbul Saat Penetasan Telur Itik

Selain pemeliharaan itik dalam kandang strater, dapat pula pemeliharaan itik umur 1—10 hari dalam kotak ukuran 1 m x 2 m yang diberi kaki setinggi 50 cm dan kedalaman kotak 50 cm. Dinding terbuat dari papan atau bahan lainnya dengan lantai dasar dari anyaman kawat sehingga kotoran itik dapat langsung jatuh ke tanah.

 

Sumber: Buku Beternak Itik Hibrida Unggul

 

Loading...
Loading...