Kandang yang Ideal Bagi Sapi

Pertanianku— Kandang sebagai habitat sapi sepanjang waktu harus diperhatikan oleh peternak. Anda sebagai peternak harus mempersiapkan kandang sapi yang ideal agar ternak merasa nyaman dan aman berada di dalamnya. Perasaan aman dan nyaman dapat mendorong pertumbuhan sapi berjalan lebih optimal. Selain itu, kandang sapi yang ideal juga memudahkan pekerja yang bekerja di dalam kandang.

kandang sapi
foto: Pertanianku

Berikut ini ciri-ciri kandang yang ideal untuk sapi.

Konstruksi kandang

Konstruksi kadang harus dibangun sesuai dengan kebutuhan sapi, kuat, mudah dibersihkan, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Konstruksi kandang juga harus mampu melindungi ternak dari pengaruh lingkungan yang merugikan. Konstruksi kandang sapi yang baik bisa Anda baca di buku Panduan Beternak Sapi Potong.

Letak bangunan kandang

Kandang yang ideal dibangun pada lokasi yang sesuai. Penempatan kandang sapi perlu mempertimbangkan beberapa faktor penunjang yang sekiranya dapat menguntungkan dalam pengembangan lebih lanjut. Setidaknya, ada faktor ekonomi dan faktor higienis kandang yang perlu dipenuhi.

Faktor ekonomi yang perlu dipertimbangkan di antaranya komunikasi dan transportasi, sumber air, dan harus dekat dengan peternak untuk memudahkan pemantauan kesehatan, tata laksana, dan keamanan pada malam hari.

Sementara itu, faktor higienis yang perlu dipenuhi ialah tempat kering yang berada lebih tinggi dari lingkungan sekitar atau tanah yang digunakan mudah mengisap air. Selain itu, kandang sebaiknya ditempatkan pada area terbuka yang mendapatkan cahaya matahari.

Alat perlengkapan kandang dan pembersih

Alat perlengkapan kandang dan pembersih sangat penting untuk menunjang kelancaran pemeliharaan ternak sapi. Perlengkapan kandang yang harus disediakan adalah tempat pakan dan tempat minum. Sementara itu, perlengkapan pembersih yang harus disediakan antara lain sekop, sapu lidi, selang air, sikat, ember, dan kereta dorong.

Baca Juga:  Dua Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perkawinan Pertama Domba

Selain kandang yang ideal, Anda perlu menerapkan manajemen pemeliharaan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Buku Panduan Beternak Sapi Potong membahas serba-serbi informasi terkait ternak sapi potong. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.